Kampus Merdeka, Ini 2 Program yang Masih Dibuka untuk Mahasiswa dan Cara Daftarnya

Rabu, 04 Januari 2023 - 14:58 WIB
loading...
Kampus Merdeka, Ini 2 Program yang Masih Dibuka untuk Mahasiswa dan Cara Daftarnya
Magang dan Studi Independen Bersertifikat merupakan dua program Kampus Merdeka yang masih membuka pendaftaran. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Program Kampus Merdeka memberikan kebijakan untuk mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di luar perguruan tinggi. Dua program yang masih membuka pendaftaran adalah Magang Bersertifikatdan Studi Independen.

Kampus Merdeka merupakan program yang dikeluarkan Kemendikbudristek yang memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama satu semester.

Program bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan minat mahasiswa. Mahasiswa yang ikut program Kampus Merdeka bisa berkegiatan di luar kampus dengan program yang mereka pilih selama dua semester.

Terdapat 9 kegiatan yang tersedia di program Kampus Merdeka, yaitu:

1. Magang Bersertifikat
2. Studi Independen
3. Kampus Mengajar
4. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
5. Pertukaran Mahasiswa Merdeka
6. Membangun Desa (KKN Tematik)
7. Proyek Kemanusiaan
8. Riset atau Penelitian
9. Wirausaha.

Dari dua program Kampus Merdeka di atas, ada dua program yang masih membuka pendaftaran yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Keduanya masih membuka proses registrasi hingga 20 Januari 2023. Dikutip dari laman Kampus Merdeka, berikut ini informasinya.

Baca juga: Mahasiswa ITS Rancang Aksanawa, Kapal Pencari Korban Kecelakaan Laut

Magang Bersertifikat

Magang Bersertifikat memberikan pengalaman kepada mahasiswa belajar dan mendapat pengalaman kerja di industri/profesi nyata selama 1-2 semester.

Mahasiswa yang bisa ikut adalah dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar di PDDikti. Program ini tidak membatasi mahasiswa dari satu jurusan namun emua jurusan namun dengan persetujuan dari perguruan tinggi masing-masing.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2291 seconds (0.1#10.140)