Kampus Merdeka, Ini 2 Program yang Masih Dibuka untuk Mahasiswa dan Cara Daftarnya

Rabu, 04 Januari 2023 - 14:58 WIB
loading...
Kampus Merdeka, Ini 2 Program yang Masih Dibuka untuk Mahasiswa dan Cara Daftarnya
Magang dan Studi Independen Bersertifikat merupakan dua program Kampus Merdeka yang masih membuka pendaftaran. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Program Kampus Merdeka memberikan kebijakan untuk mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di luar perguruan tinggi. Dua program yang masih membuka pendaftaran adalah Magang Bersertifikatdan Studi Independen.

Kampus Merdeka merupakan program yang dikeluarkan Kemendikbudristek yang memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama satu semester.

Program bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan minat mahasiswa. Mahasiswa yang ikut program Kampus Merdeka bisa berkegiatan di luar kampus dengan program yang mereka pilih selama dua semester.

Terdapat 9 kegiatan yang tersedia di program Kampus Merdeka, yaitu:

1. Magang Bersertifikat
2. Studi Independen
3. Kampus Mengajar
4. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
5. Pertukaran Mahasiswa Merdeka
6. Membangun Desa (KKN Tematik)
7. Proyek Kemanusiaan
8. Riset atau Penelitian
9. Wirausaha.

Dari dua program Kampus Merdeka di atas, ada dua program yang masih membuka pendaftaran yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Keduanya masih membuka proses registrasi hingga 20 Januari 2023. Dikutip dari laman Kampus Merdeka, berikut ini informasinya.

Baca juga: Mahasiswa ITS Rancang Aksanawa, Kapal Pencari Korban Kecelakaan Laut

Magang Bersertifikat

Magang Bersertifikat memberikan pengalaman kepada mahasiswa belajar dan mendapat pengalaman kerja di industri/profesi nyata selama 1-2 semester.

Mahasiswa yang bisa ikut adalah dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar di PDDikti. Program ini tidak membatasi mahasiswa dari satu jurusan namun emua jurusan namun dengan persetujuan dari perguruan tinggi masing-masing.

Mahasiswa yang mengikuti program magang akan menerima uang saku dari kementerian/mitra. Nantinya proses seleksi akan dilakukan secara administratif dan akademik oleh mitra magang.

Mahasiswa dapat melakukan pendaftaran ke program yang diminati melalui platform Kampus Merdeka dan mengumpulkan dokumennya secara lengkap pada saat pendaftaran. Pendaftaran Magang dibuka sejak 15 Desember 2022 dan akan ditutup 20 Januari 2023.

Studi Independen

Mahasiswa yang ikut Studi Independen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia usaha dan dunia industri.

Mahasiswa dari semua jurusan pada jenjang D3, D4, dan S1 dapat mengikuti program Studi Independen Bersertifikat dengan persetujuan dari perguruan tinggi masing-masing namun yang terdaftar di PDDikti.

Persyaratan Dokumen

Berikut adalah dokumen yang menjadi syarat pendaftaran beserta ketentuannya.

Baca juga: Keren, Lulusan Unesa Ini Lolos Beasiswa LPDP di 4 Kampus Ternama Dunia

- Curriculum Vitae

Tidak ada template baku untuk dokumen ini, namun dimohon menggunakan format file pdf. Mahasiswa dapat membuatnya dengan kreativitas masing-masing.

- Transkrip Nilai

Transkrip nilai terbaru. Jika transkrip terbaru belum tersedia, silakan gunakan transkrip terakhir lalu perbarui dokumen melalui menu “Lengkapi Dokumen” di akun Mahasiswa ketika transkrip baru sudah ada.

- Surat Rekomendasi Universitas

- Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)

- Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)

- SPTJM Mahasiswa yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)

- Foto / Scan KTP

Pastikan hasil scan jelas dan tidak buram.

- Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)

- Jika ingin melampirkan beberapa sertifikat, silakan menggabungkannya menjadi satu file .PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

Persyaratan Mahasiswa untuk Magang dan Studi Independen Bersertifikat

- Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.

- Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia – dengan catatan kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

- Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program MSIB dimulai:
a. D2: minimal semester 3
b. D3: miniaml semester 4
c: D4 dan S1: minimal semester 5

- Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.

- Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.

- Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.

- Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/ kota/ provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh Mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisasi.

- Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar)/penerima beasiswa lainnya dari Kemendikbudristek dapat mengikuti program magang dengan ketentuan besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari bantuan biaya hidup yang diterima dari beasiswa kemdikbudristek.

- Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

Baca juga: 5 Bank yang Buka Pendaftaran Magang Merdeka 2023 Beserta Posisi Lowongannya, Nomor 3 Bank BUMN

Cara mendaftar program Magang dan Studi Independen Bersertifikat

1. Kunjungi website Kampus Merdeka di kampusmerdeka.kemdikbud.go.id kemudian masuk ke akun Anda.

2. Kemudian lakukan langkah berikut:

Jika ingin mendaftar ke program Magang, klik "Magang Bersertifikat" lalu klik "Cari Posisi Magang".
Jika ingin mendaftar ke program Studi Independen, klik "Studi Independen Bersertifikat" lalu klik "Cari Kelas Studi Independen".

3. Anda dapat melihat kegiatan atau lowongan yang tersedia dan melakukan filter kegiatan yang diinginkan dengan klik "Tambah Filter", kemudian klik "Cari"

4. Pilih salah satu kegiatan untuk melihat rinciannya dan mendaftar kegiatan tersebut. Mahasiswa dapat melamar/mendaftarkan diri lebih dari 1 kegiatan! Tetapi setiap satu semester hanya bisa menerima & mengikuti 1 kegiatan saja.

5. Pada laman ini Anda dapat melihat rincian kegiatan seperti deskripsi proyek, kriteria peserta, profil perusahaan, dan informasi tambahan lainnya. Jika Anda tertarik dan ingin mendaftar, silakan klik tombol "Daftar".

Catatan: Tombol "Daftar" akan non aktif jika periode rekrutmen dari Mitra sudah ditutup atau jumlah kuota sudah terpenuhi.

6. Setelah itu muncul formulir dan kolom yang perlu Anda isi untuk pendaftaran. Jika sebelumnya Anda telah melengkapi halaman profil, maka kolom-kolom di bawah ini akan otomatis terisi menyesuaikan yang telah Anda lengkapi.

a. Unggah Dokumen

Mahasiswa diminta untuk mengunggah dokumen berikut:

Wajib

Curriculum Vitae

Transkrip Nilai

Surat Rekomendasi

Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)

Foto atau scan KTP Anda
Masing-masing dokumen dalam format PDF, maksimal 2 MB

Opsional

Sertifikat pengalaman organisasi
Dokumen tambahan

Kemudian klik 'Selanjutnya'

b. Informasi Pribadi

Masukkan data pribadi, yaitu Agama dan Asal SMA Anda.

Kemudian klik "Selanjutnya".

c. Kontak Pribadi

Lengkapi kontak pribadi yang terdiri dari:

Email kampus
Isi dengan email pribadi Anda yang terdaftar di kampus

Nomor ponsel
Pastikan memasukkan nomor ponsel Anda yang aktif

Alamat domisili
Isi dengan alamat tinggal Anda sekarang

Alamat KTP
Isi sesuai alamat yang tercantum pada KTP

Kemudian klik "Selanjutnya".

d. Kontak Darurat

Lengkapi kontak yang dapat dihubungi jika terjadi hal yang bersifat darurat

Nama

Hubungan dengan Mahasiswa

Nomor telepon

Kemudian klik "Selanjutnya".

e. Akun Media Sosial

Anda dapat melengkapi informasi akun media sosialmu yaitu:

Facebook

Instagram

Twitter

Kemudian klik "Selanjutnya".

7. Silakan cek kembali kelengkapan data diri Anda, pastikan seluruh informasi yang tertera di laman ini sudah benar dan sesuai. Apabila ada kesalahan di data akademik, segera hubungi sekretariat kampus, Anda tetap bisa melanjutkan pendaftaran, tapi perbedaan data mungkin akan berpengaruh ke proses rekrutmen.

8. Kemudian masuk ke langkah terakhir, yaitu Ringkasan Kegiatan dan Pernyataan Kesanggupan & Komitmen. Silakan baca dan pahami.

Kemudian jika kamu sudah setuju dengan tiap butir Pernyataan Kesanggupan & Komitmen, silakan berikan tanda centang pada setiap pernyataan. Setelah itu klik 'Daftar'.

9. Pendaftaran terkirim! Mitra perusahaan akan memeriksa dokumen pendaftaran kamu. Silakan cek di sini untuk mengetahui cara melihat status pendaftaran.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)