Ini 5 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa UIN Jakarta Tahun 2023

Rabu, 04 Januari 2023 - 15:10 WIB
loading...
Ini 5 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa UIN Jakarta Tahun 2023
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto/Dok/UIN
A A A
JAKARTA - UIN Jakarta menyiapkan 5 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun penerimaan 2023. Bersamaan dengan itu, para calon mahasiswa peminat diharap terus memantau informasi masing-masing jalur seleksi dan mempelajari tata cara dan persyaratan pendaftarannya.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta, Feni Arifiani MH, terkait jalur-jalur seleksi masuk mahasiswa baru. Jalur-jalur ini ada yang dikelola di bawah Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ristek (Kemendikbudristek), dan dikelola mandiri UIN Jakarta .



“Jalur-jalur ini juga menyesuaikan program studi yang dituju para calon mahasiswa. Jadi silahkan dipelajari betul dari sekarang dan dipantau perkembangan informasinya dari sekarang,” ujarnya seperti dilansir dari laman resmi UIN Jakarta, Rabu (4/1/2022).

Jalur seleksi kelolaan Kemenag, jelasnya, adalah Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN PTKIN dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN).

Sedang di bawah arahan Kemendikbudristek ada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tulis (UTBK-SNBT).



“Di bawah pengelolaan UIN Jakarta sendiri ada jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB Mandiri,” terangnya.

SNBP dan UTBK-SNBT

Mengutip keterangan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemendikbudristek dalam laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/?mid=3, SNBP merupakan jalur seleksi pengganti Seleksi Nasional Masuk PTN atau SNMPTN. Dengan begitu, jalur ini bisa dikatakan sebagai jalur seleksi berdasarkan prestasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3291 seconds (0.1#10.140)