Ini 5 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa UIN Jakarta Tahun 2023

Rabu, 04 Januari 2023 - 15:10 WIB
loading...
A A A
Melalui jalur UTBK-SNBT, UIN Jakarta juga menawarkan seleksi bagi mahasiswa untuk 30 prodi rumpun IPS dan IPA seperti Prodi Bahasa Inggris, Pendidikan IPS, Studi Agama-Agama, dan Perbankan Syariah.

Untuk periode pendaftarannya, jalur SPAN-PTKIN berlangsung antara 16 Februari-4 Maret 2023 setelah siswa dan sekolah asal terlebih dulu melakukan pendaftaran di PDSS mulai 17 Januari hingga 13 Januari. Hasil seleksinya sendiri dijadwalkan bisa diumumkan pada 3 April 2023.

Sedang UM-PTKIN, lanjutnya, masa pendaftarannya dijadwalkan mulai 10 April sampai 15 Mei 2023. Nantinya, siswa pendaftar mengikuti ujian pada 29 Mei hingga 8 Juni 2023. Hasil tes diumumkan pada 23 Juni 2023.

Informasi lengkap pendaftaran SPAN PTKIN bisa diakses di https://span-ptkin.ac.id/page. Sedang informasi UM PTKIN bisa diakses di https://um-ptkin.ac.id/.

SPMB Mandiri

Selain empat jalur seleksi yang dikelola lembaga yang ditunjuk di bawah Kemendikbud maupun Kemenag, sambung Feni, UIN Jakarta sendiri membuka jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri. Jalur seleksi ini ditawarkan bagi pendaftar baru untuk seluruh prodi sarjana yang ditawarkan di UIN Jakarta.

Terdapat dua klaster prodi di jalur ini. Klaster pertama, paket IPS yang dapat dipilih lulusan seluruh jurusan dari Madrasah Aliyah, Pesantren, SMA, SMK, dan yang sederajat.

Sedang klaster kedua, paket IPA yang hanya dapat dipilih oleh lulusan Jurusan IPA di SMA/MA/Pesantren, SMK Teknik, SMK Pertanian, SMK Farmasi, SMK Keperawatan, dan SMK Analis.

“SPMB Mandiri, jalur seleksi terakhir setelah jalur-jalur seleksi lainnya ditutup,” katanya.

Jadwal dan mekanisme seleksi SPMB Mandiri 2023, ungkapnya, masih tengah digodok untuk secepatnya disampaikan. Namun untuk informasi jalur ini, Feni meminta para calon mahasiswa peminat untuk memantau kanal https://spmb.uinjkt.ac.id/.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)