Cegah Kanker Payudara, IWK Fasilkom UI dan RSUI Ajak Perempuan Indonesia Lakukan Ini

Rabu, 04 Januari 2023 - 22:08 WIB
loading...
Cegah Kanker Payudara, IWK Fasilkom UI dan RSUI Ajak Perempuan Indonesia Lakukan Ini
IWK Fasilkom UI memberikan edukasi pentingnya pencegahan sejak dini kanker payudara bagi masyarakat umum, terutama warga UI. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bahwa kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu sebab penyumbang kematian pertama akibat kanker.

Data Globocan 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Sementara itu, untuk jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus.



Data tersebut membangkitkan semangat Ikatan Wanita Keluarga (IWK) Fakultas Ilmu Komputer ( Fasilkom ) Universitas Indonesia (UI) untuk memberikan edukasi pentingnya pencegahan sejak dini kanker payudara bagi masyarakat umum, terutama warga UI.

Bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), IWK Fasilkom UI mengadakan seminar dan pemeriksaan kesehatan bertajuk “Sadari dan Kenali: Deteksi Dini Kanker Payudara” bertempat di Auditorium Gedung B, Kampus UI, Depok.

Ketua IWK Fasilkom UI, Dyah Prawitasari menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan kegiatan yang pertama sejak dimulainya kepengurusan IWK Fasilkom UI yang baru dan diselenggarakan bertepatan dengan momen peringatan Hari Ibu pada Desember lalu.



“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi pentingnya pencegahan sejak dini kanker payudara,” ujar Dyah Prawitasari dalam keterangan pers, Rabu (4/1/2023).

Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto, mengatakan, bertepatan dengan peringatan hari Ibu atau lebih tepatnya Hari Perempuan Indonesia, dirinya berharap peran yang dimiliki ibu-ibu atau bagi calon ibu mampu memberikan edukasi dan penyadaran dini bahaya terkait kanker payudara.

"Saya harap perempuan Indonesia lebih sehat dan lebih maju dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan kita sehari-hari,” kata Dekan Mursanto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)