5 Kota Termurah Cocok untuk Mahasiswa Rantau, Sekali Makan Cukup Rp5 Ribu

Kamis, 05 Januari 2023 - 19:10 WIB
loading...
5 Kota Termurah Cocok untuk Mahasiswa Rantau, Sekali Makan Cukup Rp5 Ribu
Tugu Yogyakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di Indonesia, terdapat beberapa kota dengan biaya hidup termurah saat menjalani kuliah. Kota ini tentunya sangat bersahabat di kantong para mahasiswa perantau.

Perguruan tinggi favorit di Indonesia tersebar di beberapa daerah di luar Jakarta. Banyak mahasiswa dari Jakarta maupun daerah lain yang tertarik untuk menimba ilmu di kota tersebut.



Berdasarkan hasil penelusuran tim SINDOnews, berikut adalah kota termurah untuk kuliah beserta daftar universitasnya.

1. Solo

Kota ini menawarkan biaya hidup yang cukup murah. Untuk biaya kos berada di kisaran Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta per bulan. Untuk biaya makan, uang sebesar Rp5 ribu sudah dapat digunakan untuk membeli makanan. Sedangkan untuk biaya transportasi berada di angka Rp3 ribu hingga Rp15 ribu.

Kampus yang terdapat di kota Solo adalah Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.



2. Cirebon

Kota ini juga cukup ramah bagi kantong mahasiswa perantau. Biaya kos di kota ini berada di angka Rp500 ribu hingga Rp800 ribu per bulan. Untuk biaya makan, Rp30 ribu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan dalam sehari.

Universitas yang terdapat di kota ini adalah UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan Universitas 17 Agustus 1945.

3. Surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota termurah untuk kuliah. Biaya kos di kota ini sekitar Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta per bulan. Makanan di daerah Surabaya bisa didapatkan dengan harga Rp10 ribu sampai Rp15 ribu.

Kampus yang ada di Surabaya yakni Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), UIN Sunan Ampel, dan masih banyak lagi.

4. Semarang

Semarang memiliki sejumlah kampus favorit yang menjadi pilihan mahasiswa. Kampus-kampus itu adalah Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, UIN Walisongo, dan masih banyak lagi.

Kota Semarang termasuk salah satu kota termurah untuk kuliah. Kos di Semarang dapat disewa dengan harga Rp300 ribu hingga Rp1 juta per bulan. Sedangkan untuk biaya makan, uang Rp7 ribu hingga Rp15 ribu cukup untuk mendapatkan makanan.

5. Yogyakarta

Yogyakarta juga terkenal dengan murahnya biaya hidup bagi mahasiswa. Biaya sewa kos di Yogyakarta rata-rata berada di angka Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta per bulan. Di sini juga terdapat banyak makanan yang harganya berada di bawah Rp20 ribu.

Universitas yang ada di Yogyakarta yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan masih banyak lagi.

Itu adalah beberapa kota termurah untuk kuliah. Hal ini tentunya sangat cocok bagi mahasiswa perantau yang harus menghemat pengeluarannya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2165 seconds (0.1#10.140)