Ini Hal yang Penting Diketahui untuk Daftar Beasiswa dan Kuliah di UK

Rabu, 11 Januari 2023 - 17:21 WIB
loading...
Ini Hal yang Penting Diketahui untuk Daftar Beasiswa dan Kuliah di UK
Berikut hal-hal yang penting diketahui untuk mendaftar program beasiswa dan kuliah di United Kingdom. Foto/Dok/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Humas Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) menggelar studium general Sosialisasi Beasiswa dan Studi lanjut di United Kingdom (UK) yang diikuti seratusan mahasiswa dan dosen. Sejumlah persyaratan patut diketahui calon mahasiswa yang ingin kuliah di Britania Raya.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan ITERA, Dr. Rahayu Sulistyorini menyampaikan pengalamannya yang pernah menjalani studi singkat di UK, dan mendapatkan banyak pengalaman, mulai dari adat atau kebudayaan masyarakat setempat, hingga kedisiplinan masyarakat di UK yang dapat ditiru.

Kepada para dosen dan mahasiswa, Rahayu menekankan, sosialisasi ini harus dimanfaatkan untuk menggali informasi sebanyak mungkin untuk dapat mengakses pendidikan di luar negeri. Tujuannya untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kapasitas diri para mahasiswa dan dosen.

Baca juga: Pendaftaran Taruna Akmil 2023 Telah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

“Dari sosialisasi ini kita akan mendapatkan apa saja strategi yang diperlukan untuk berkuliah di UK, mengembangkan diri, dan memperluas wawasan kita mengenai beasiswa,” ucap Rahayu, dikutip dari laman ITERA, Rabu (11/1/2023).

International Officer The University of Glasgow Alfin Firdaus memaparkan mengenai langkah-langkah dan faktor yang harus dipahami sebelum mendaftar beasiswa di luar negeri.

Alfin menjelaskan, University of Glasgow adalah institusi berprestise tinggi yang telah mendidik mahasiswa sejak tahun 1451. Diperingkatkan dalam 100 besar terbaik dunia, Glasgow adalah penyelenggara pendidikan tinggi keempat tertua di Inggris, dan menerima status ‘Scottish University of the Year’ dari Good University Guide pada tahun 2018.

“Sarana dan prasarana yang ada di Glasgow juga sudah sangat tua, namun sangat memudahkan mahasiswa untuk sampai di universitas, cukup berjalan selama 5 menit,” katanya.

Baca juga: Registrasi Akun Jadi Syarat Wajib di SNPMB 2023, Simak Alurnya

Menurutnya, universitas yang bagus biasanya dilihat dari perangkingannya. Beasiswa LPDP juga menggunakan indikator ranking untuk menentukan mana universitas yang bagus, namun perangkingan bersifat up and down atau naik turun sesuai dengan perkembangannya.

Oleh sebab itu harus memilih satu program yang memang menjadi program yang disandingkan dengan beasiswa yang dipilih. Kemudian, Perwakilan SUN education Lampung Wilson menjelaskan beberapa faktor yang dapat dipahami untuk mendaftar beasiswa salah satunya adalah pemerolehan LOA (Unconditional Letter of Acceptance).

Sebab dengan mendapatkan LOA maka seorang pencari beasiswa sudah menjalani separuh proses yang harus dilalui. Selain itu, Wilson juga menyampaikan beberapa kiat memilih jenis beasiswa yang banyak dapat diakses oleh calon mahasiswa program pascasarjana ataupun doktor.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)