Ngumpul Virtual, 33 Rektor PTN Kompak Nyanyi 'Rumah Kita'

Selasa, 14 April 2020 - 10:43 WIB
loading...
Ngumpul Virtual, 33 Rektor PTN Kompak Nyanyi Rumah Kita
Para rektor perguruan tinggi negeri menggelar rapat virtual. Di tengah rapat, mereka kompak menyanyikan lagu milik God Bless berjudul Rumah Kita. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebanya 33 rektor perguruan tinggi negeri (PTN) kompak bernyanyi bersama secara online. Ada yang bernyanyi dari rumah, adapula yang berada di kantornya di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Mereka menyanyikan lagu berjudul "Rumah Kita" yang dipopulerkan oleh grup band lawas, God Bless

Adapun para rektor tersebut antara lain Prof Paula Runtuwene (Universitas Negeri Manado), Dr Philipus Betaubun (Universitas Musamus Merauke), Dr Andre Elia (Universitas Palangkaraya), Prof Ganepri (UNP), Dr Guntur (ISI Surakarta), Prof Panut Mulyono (UGM), Dr Ahmad Fauzi (UPN Jatim), Prof Fathur Rahman (Unnes), Prof Fred Benu (Undana Kupang), Prof Dwiya Aries Tina (Unhas).

Prof Azhari (ITS), Dr Zainal Arief (PEN Surabaya), Prof Ellen J Kurmat (Unsrat), Dr Een (ISBI Bandung), Prof Sutarto (ULM), Prof Garuda Wiko (Untan), Prof Aras Mulyadi (Unri), Dr Syamsul Gultom (Unimed), Dr Edward Wolok (UNG), Dr Appolo Safano ( Uncen), Prof Nur Hasan (Unessa), Prof Mas Jaya (Unmul), Prof Reini Wirahadikusuma (ITB), Prof Raka Sudewi (Unud), Prof Rontung Sitepu (USU), Prof Lalu Husni (Unram), Prof Rina Indrastuti (Unpad), Dr Erna Herawati (UPN Jakarta), dan Prof Jamal Wiwoho (UNS).

Kegiatan bernyanyi bersama itu dilakukan pekan lalu. Aksi menyanyi bersama ini diharapakan dapat menjadi contoh bahwa pekerjaan harus tetap dilakukan meski di tengah pandemi Corona.

Sekadar informasi, saat ini hampir semua kampus meliburkan kuliah tatap muka dan mengganti dengan kuliah daring atau online.

Aksi menyanyi bersama itu dilakukan di tengah rapat koordinasi Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Seluruh Indonesia yang diketuai oleh Prof Jamal Wiwoho (UNS).

Gagasan itu dilatar belakangi keinginan mereka menunjukkan kepedulian untuk mengkampanyekan social distancing dan physical distancing melawan pandemi Covid-19.

Kepedulian kampus PTN juga tampak dengan banyaknya kegiatan kampus yang digeser dan diganti sesuai dengan dinamika masyarakat dan gagasan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Para rektor menggelar rapat koordinasi dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting. "Rapat koordinasi yang diselingi dengan bernyanyi bersama dapat menambah keeratan dan mengurangi kejenuhan," Ketua MRPTN Indonesia, Prof Jamal Wiwoho dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Senin 13 April 2020.

Para rektor mengingatkan, perubahan sistem pembelajaran menjadi daring diharapakan bisa dilakukan secara efektif efisien, terdokumentasi dengan baik dan memenuhi jam pembelajaran.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3517 seconds (0.1#10.140)