Calon Mahasiswa, Perbanyak Info tentang Jurusan Itu Penting untuk Lulus SNBP

Senin, 16 Januari 2023 - 09:04 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Perbanyak Info tentang Jurusan Itu Penting untuk Lulus SNBP
Dengan mengetahui lebih banyak mengenai jurusan kuliah calon mahasiswa tidak hanya menumpuk di jurusan yang itu-itu saja. Foto/BKHM Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran akun Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) 2023 untuk sekolah dan siswa sudah dimulai. Dan salah satu strategi yang bisa diandalkan untuk lolos SNBP adalah perluas wawasan dan informasi mengenai program studi atau jurusan kuliah .

Sesuai dengan arahan dari Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2023, sekolah dan siswa dihimbau segera membuat akun tanpa harus menunggu menit-menit akhir. Kedua, siswa calon peserta SNBP 2023 harus memperluas wawasan dan memperbanyak informasi mengenai berbagai program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) agar siswa tidak lagi berkumpul memilih program studi tertentu saja.

Jika pilihan program studi siswa hanya tertuju pada program studi tertentu saja, seperti yang terjadi selama ini maka dipastikan akan banyak siswa yang gugur dalam seleksi mengingat kompetisi yang ketat. Padahal program studi lain juga tak kalah mentereng dan memiliki masa depan cerah jika siswa mendalaminya secara sungguh-sungguh, serta melengkapi dirinya dengan berbagai softskill.

Dua himbauan tersebut disampaikan oleh Wakil Koordinator Kehumasan Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto di depan siswa kota Surabaya yang menghadiri ajang Campus Expo Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Surabaya di gedung DBL Arena Surabaya beberapa waktu lalu.

Baca juga: 75.083 Peserta Lolos Seleksi Administrasi Calon PPPK Kemenag, Cek Namamu di Sini

“Dari pengamatan kami di Universitas Jember, setiap tahunnya pilihan program studi siswa SLTA selalu berkumpul di program studi itu-itu saja. Jika di kelompok Saintek pilihan utamanya masih berkisar di program studi rumpun kesehatan,” katanya dikutip dari laman Universitas Jember, Senin (16/1/2023).

“Sementara di kelompok Soshum maka kebanyakan siswa akan memilih Program Studi Manajemen. Padahal masih banyak pilihan program studi lainnya. Oleh karena itu ayo buka wawasan dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai keistimewaan masing-masing program studi,” tuturnya.

Dirinya lantas membuka data Universitas Jember pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 lalu. Di kelompok Saintek, animo terbanyak diperoleh Program Studi Farmasi dengan pelamar sebanyak 1.408 dan yang diterima 48 orang. Disusul Program Studi Ilmu Keperawatan dengan pelamar 1.322, yang diterima 60 orang. Di tempat ketiga adalah Program Studi Pendidikan Dokter menerima 30 calon mahasiswa dari 1.124 pelamar.

Untuk kelompok Soshum ada Program Studi Manajemen yang diminati oleh 1.108 peserta sementara yang diterima 81 orang. Di posisi kedua adalah Program Studi Pendidikan Guru SD dengan peminat 789 dan menerima 41 orang. Sementara Program Studi Administrasi Bisnis menerima 51 mahasiswa setelah menyeleksi 660 peserta.

Baca juga: Contoh Peribahasa Menggunakan Kata Padi, Lengkap dengan Maknanya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2336 seconds (10.101#12.26)