10 Jurusan Buat Siswa dengan Nilai Rapor Matematika Terbaik, Referensi SNBP 2023

Selasa, 17 Januari 2023 - 16:11 WIB
loading...
10 Jurusan Buat Siswa dengan Nilai Rapor Matematika Terbaik, Referensi SNBP 2023
10 jurusan kuliah berikut bisa menjadi rekomendasi buat si jago Matematika di SNBP 2023. Foto/Dok/Humas UMM.
A A A
JAKARTA - Bagi siswa yang mempunyai nilai rapor Matematika terbaik ada sejumlah jurusan yang bisa dipilih. Calon mahasiswa penyuka Matematika ini bisa memilih jurusan Statistika hingga Teknik.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN bagi siswa yang memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan tertentu oleh masing-masing PTN.

Pada SNBP tahun ini setiap siswa dari jurusan IPA, IPS, atau Bahasa diizinkan memilih program studi yang diinginkan di PTN atau lintas jurusan dengan bertanggung jawab.

Siswa bisa memilih dua program studi dari satu PTN atau 2 PTN. Namun jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Baca juga: Nilai Rapor Kimia Kamu Terbaik? Ini 8 Rekomendasi Jurusan Kuliah di SNBP 2023

Jika memilih satu program studi, calon mahasiswa di jalur prestasi akademik ini dapat memilih sejumlah kampus negeri yang berada di provinsi mana pun.

Bagi si jago Matematika, kira-kira jurusan apa yang bisa dipilih oleh kalian untuk berkuliah di perguruan tinggi? Dikutip dari laman Aku Pintar, berikut ini rekomendasi 12 jurusan kuliahnya.

1. Matematika

Tentu saja jurusan Matematika harus menjadi peringkat utama pilihan jurusan buat si jago Matematika. Namun selain mata kuliah Matematika murni, kalian bisa memilih studi Pendidikan Matematika atau Tadris Matematika di SNBP 2023.

2. Fisika

Nilai Matematika yang bagus biasanya beriringan dengan nilai Fisika yang baik juga. Makanya, Fisika juga menjadi salah satu rekomendasi jurusan SNBP untuk yang nilai Matematikanya bagus.

Kalian yang jago Matematika enggak bakal kesulitan mengikuti kuliah yang membahas tentang Mekanika, Termodinamika, Kimia Fisika, Fisika Atom, Fisika Nuklir, Fisika Partikel, Fisika Konduksi Panas, Fisika Optik, Fisika Astro, hingga aplikasi teori fisika dalam bidang teknologi.

3. Akuntansi

Ilmu Akuntansi memang diterapkan di bidang ekonomi. Namun untuk jurusan kuliahnya, Akuntansi sendiri direkomendasikan buat si jago Matematika.

Selain belajar tentang pencatatan, analisis, dan penyajian laporan keuangan, mahasiswa Akuntansi harus menguasai akuntansi keuangan, akuntansi pajak, akuntansi manajemen, akuntansi audit, hingga akuntansi syariah.

Selain Akuntansi, kalian juga bisa memilih jurusan Akuntansi Syariah yang saat ini dibutuhkan oleh perbankan syariah. Atau jika ingin menjadi guru Akuntansi, kalian bisa kuliah di jurusan Pendidikan Akuntansi.

4. Ilmu Komputer

Jurusan kuliah yang cocok untuk pecinta Matematika memang enggak jauh-jauh dari komputer. Kerangka berpikir logis-matematis itu memang jodohnya sama jurusan-jurusan di bidang ilmu komputer.

Baca juga: Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023 Segera Dibuka, Cek Infonya di Sini

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer itu harus belajar tentang arsitektur komputer, sistem operasi, pemrograman, jaringan komputer, artificial intelligence, kriptografi, machine learning, grafika komputer, pengolahan citra, sistem rekomendasi, analisis data dan lain sebagainya. Tersedia pula Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer untuk yang berminat berprofesi sebagai guru komputer.

5. Aktuaria

Aktuaria, Ilmu Aktuaria, ataupun Sains Aktuaria – ini dia, jurusan kuliah buat si pintar Matematika. Di jurusan ini kamu belajar cara mengaplikasikan teori matematika, statistika, dan ilmu ekonomi untuk mengevaluasi dan mengendalikan risiko yang terkait dengan produk keuangan seperti asuransi, investasi, dan pensiun. Semua itu bakal kamu pelajari melalui Matematika Terapan, Ekonometrika, Analisis Risiko, dan masih banyak lagi.

6. Teknik Informatika

Jurusan ini cocok bagi penyuka mata pelajaran Matematika dan Komputer. Kalian akan puas belajar mengenai pengembangan dan penerapan teknologi informasi yang meliputi pemrograman, basis data, jaringan komputer, sistem operasi, analisis algoritma, keamanan informasi, machine learning, artificial intelligence, sistem berbasis web, maupun analisis data.

7. Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan jurusan yang juga bisa dipilih oleh si jago Matematika. Apa yang kamu pelajari di jurusan ini terbilang unik karena enggak cuma tentang teknologi informasi, tetapi juga bagaimana menggunakannya untuk mengatasi masalah bisnis dan organisasi. Yang dimaksud dengan organisasi dalam hal ini bisa berupa perusahaan, pemerintahan, atau sektor nonprofit.

Untuk itu, kamu bakal belajar Pemodelan Sistem Informasi, Manajemen Basis Data, Pengembangan Aplikasi, Analisis Sistem, Perencanaan Sistem Informasi, Manajemen Proyek, dan lain-lain.

8. Teknik Sipil

Ilmu Teknik Sipil memang berhubunga erat dengan logika Matematika. Desain Struktur, misalnya adalah salah satu mata kuliah yang membutuhkan kerangka berpikir logis matematis yang baik. Kuliah Teknik Sipil membuatmu belajar banyak tentang perencanaan, pembangunan, hingga pemeliharaan struktur fisik seperti jembatan, gedung, dan jalan.

9. Teknik Penerbangan

Kamu sempat melirik Teknik Penerbangan sebagai pilihan jurusan di SNBP ga, sih? Meskipun tidak terbilang sebagai jurusan favorit di SNBP, Teknik Penerbangan sebenarnya direkomendasikan sebagai jurusan untuk yang suka matematika. Kamu akan belajar tentang berbagai aspek penerbangan seperti desain, konstruksi, pemeliharaan, dan operasi pesawat.

Dilihat dari mata kuliahnya saja, seperti Aerodinamika, Sistem Pesawat, Navigasi, Mesin Penerbangan, hingga Regulasi Aviasi dan Manajemen Operasi Penerbangan, kemampuan matematika dan logika yang baik sangat diperlukan di jurusan ini.

10.Manajemen Logistik

Meskipun di bidang manajemen dan bisnis, ini adalah jurusan untuk yang suka Matematika. Mahasiswa Manajemen Logistik itu harus belajar tentang teknologi informasi yang digunakan terutama dalam pemantauan lokasi dan aliran barang, pemrosesan pesanan, maupun manajemen.

Bidang manajemen logistik dan supply chain dikenal menawarkan prospek kerja yang baik. Industri retail, manufaktur, perdagangan, jasa, transportasi, hingga logistik memerlukan analis sistem, pengembang aplikasi, hingga manajer teknologi informasi yang berhubungan dengan sistem logistik.

Demikian tadi 10 jurusan yang bisa dipilih siswa dengan nilai rapor Matematika terbaik untuk SNBP 2023. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5270 seconds (0.1#10.140)