5 Sekolah Kedinasan yang Menjamin Uang Pensiun di Hari Tua

Selasa, 17 Januari 2023 - 20:15 WIB
loading...
5 Sekolah Kedinasan yang Menjamin Uang Pensiun di Hari Tua
Terdapat sedikitnya lima sekolah kedinasan yang menjamin uang pensiun di hari tua. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima sekolah kedinasan yang menjamin uang pensiun di hari tua. Pada perkembangannya, sekolah kedinasan menjadi buruan para lulusan SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan.

Dalam hal ini, mereka dikelola dan berada di bawah naungan institusi pemerintah.

Dari sekian banyak manfaat yang didapat, salah satu yang paling disukai adalah biaya kuliah gratis dan bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saat lulus. Seperti yang diketahui, seorang PNS tentu akan memiliki uang pensiunan dan bisa digunakan saat hari tua nanti.

Baca juga : Perbedaan Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas dengan Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

Berikut lima sekolah kedinasan yang menjamin uang pensiun di hari tua.

1. STIS

Politeknik Statistika STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Sekolah kedinasan ini memiliki sejumlah pilihan program studi seperti D-III Statistika, D-IV Statistika, hingga D-IV Komputasi Statistika.

Sama halnya dengan sekolah kedinasan lainnya, lulusan STIS bisa langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seperti yang diketahui, seorang PNS tentu nantinya akan memiliki uang pensiunan yang tentunya bisa digunakan saat hari tua.

Mengutip laman SPMB STIS, lulusan Politeknik Statistika STIS akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Pusat Statistik (BPS) yang berada di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota.

2. IPDN

Berikutnya ada IPDN. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri.

Faktor prospek kerjanya yang bisa langsung menjadi CPNS membuatnya banyak diburu dan menjadi incaran. Namun, perlu diketahui bahwa untuk masuk ke dalamnya perlu perjuangan karena harus bersaing dengan para kandidat pelamar lainnya.

Beberapa program studi yang tersedia di antaranya adalah Kebijakan Pemerintah, Politik Pemerintahan, hingga Manajemen Sumber Daya Manusia.

Baca juga : Ini 4 Sekolah Kedinasan di Medan

3. PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan yang paling diburu di Indonesia. Saking banyaknya para pelamar setiap tahunnya, bagi Anda yang berminat tentunya harus berjuang dengan ekstra dan bersaing bersama para pendaftar lainnya.

Sekadar informasi, PKN STAN sendiri memiliki sejumlah pilihan jurusan. Di antaranya adalah Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, hingga jurusan Manajemen Keuangan.

Dari sekian banyak benefit yang didapatkan, PKN STAN juga menjamin karier para lulusannya di masa depan. Dalam hal ini, mereka bisa ditempatkan di Kementerian Keuangan ataupun instansi pemerintah lain yang membutuhkan.

4. POLTEKIM

Politeknik Imigrasi merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Mengutip laman resminya, pendidikan di Poltekim diarahkan pada penerapan keahlian dan ilmu seputar bidang keimigrasian.

Kemudian, untuk program studinya sendiri Politeknik Imigrasi memiliki beberapa yang bisa dipilih. Di antaranya adalah D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, D4 Administrasi Keimigrasian, D4 Hukum Keimigrasian, hingga D3 Keimigrasian.

5. POLTEKIP

Sekolah kedinasan yang berikutnya adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan. Sama dengan sejenisnya, Poltekip tidak memungut biaya pendidikan. Selain itu, para lulusannya juga bisa langsung menjadi CPNS dan berkarier di instansi terkait yang membutuhkan.

Sekadar informasi, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau Poltekip ini berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM RI, sama seperti Politeknik Imigrasi (Poltekim).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)