9 Rekomendasi Jurusan Buat Daftar SNBP 2023 Bagi Penyuka Biologi

Rabu, 18 Januari 2023 - 08:43 WIB
loading...
9 Rekomendasi Jurusan Buat Daftar SNBP 2023 Bagi Penyuka Biologi
9 rekomendasi jurusan kuliah untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 bagi penyuka mata pelajaran Biologi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - 9 jurusan kuliah yang dekat dengan bidang ilmu Biologi bisa menjadi pilihan untuk calon mahasiswa yang menyukai mata pelajaran ini. Kenali jurusannya untuk mendaftar di SNBP 2023.

Ilmu biologi adalah ilmu yang menarik untuk dipelajari. Mengapa? Sebab ketika jurusan lain banyak berbicara konsep, teori, hitung-hitungan, Biologi mengajakmu memahami banyak hal tentang organisme hidup mulai dari unit terkecil alias sel hingga ke ragam spesies yang ada.

Siswa penyuka Biologi biasanya memiliki karakter yang teliti, detil, observan, senang bekerja sendiri, tekun, rasional, senang menganalisis, dan terakhir senang melakukan riset.

Bagi para siswa yang menyukai mata pelajaran Biologi di sekolah dan ingin kembali mempelajarinya kembali di bangku kuliahmelalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), berikut ini ada 9 jurusan yang berdekatan dengan Biologi yang bisa kalian coba, dikutip dari laman Aku Pintar.

Baca juga: 10 Jurusan Buat Siswa dengan Nilai Rapor Matematika Terbaik, Referensi SNBP 2023

1. Biologi

Jurusan terbaik untuk SNBP 2023 yang terkait Biologi tentu saja Biologi itu sendiri. Di jurusan ini kalian akan mempelajari tentang anatomi, fisiologi, biokimia, genetika, evolusi, ekologi, botani, dan zoologi.

Lalu lulusan sarjana Biologi itu prospek kerjanya seperti apa? Lulusan Biologi murni dapat bekerja di berbagai bidang, seperti penelitian, konservasi, pengelolaan lingkungan, maupun industri bioteknologi.

Sementara para lulusan Pendidikan Biologi atau Tadris Biologi yang punya "bonus" keterampilan dan kemampuan mengajar, biasanya mereka menjadi guru di sekolah.

2. Kedokteran

Jurusan Kedokteran memang bidang ilmu dan juga pekerjaan yang masih ada hubungannya dengan Biologi. Mahasiswa Kedokteran akan mempelajari anatomi, fisiologi, patologi, diagnostik, farmakologi, hingga terapi bedah yang masih berada dalam ranahnya Biologi.

3. Peternakan

Peternakan juga jurusan yang berkaitan dengan biologi. Kuliah di jurusan ini mengharuskan kalian belajar tentang berbagai aspek dari usaha ternak, seperti reproduksi, pemeliharaan, nutrisi, pengendalian penyakit, manajemen, sampai pemasaran produk ternak.

Lulusan Peternakan dapat bekerja di industri peternakan, di perusahaan pakan ternak, atau bahkan di perusahaan perkebunan.

4. Ilmu Pertanian

Ilmu Pertanian adalah rekomendasi jurusan SNBP 2023 yang tak boleh dilewatkan bagi kamu yang suka Biologi.
Di jurusan ini kamu bakal belajar bagaimana mengoptimalkan produksi tanaman, varietas tanaman, teknik budidaya, pengendalian hama dan penyakit tanaman, irigasi, drainase, jaringan air, hubungan antara tanaman, hewan, lingkungan, hingga pengolahan hasil pertanian.

Baca juga: Pendaftaran SPAN-PTKIN 2023 Segera Dibuka, Cek Infonya di Sini

Lulusan Ilmu Pertanian dapat bekerja di perusahaan perkebunan, di industri pertanian, atau di perusahaan pakan ternak.

5. Bioteknologi

Jurusan ini berkaitan ilmu dasar biologi seperti biokimia, genetika, mikrobiologi, dan biologi molekuler. Mahasiswa Bioteknologi juga belajar sisi teknologinya, seperti teknologi DNA rekombinan, teknologi kultur sel, maupun teknologi PCR.

Bahkan, jika kelak kuliah di jurusan ini, kamu juga akan belajar tentang pemasaran dan manajemen di bidang bioteknologi. Bioteknologi sendiri dapat diterapkan di bidang kedokteran, pertanian, lingkungan, maupun industri.

6. Kehutanan

Hutan adalah laboratoriumnya anak Biologi. Kuliah Kehutanan itu penuh dengan materi tentang biologi tumbuhan dan hewan, hidrologi, geomatika, sampai ekonomi sumber daya alam dan peraturan hukum yang berlaku dalam bidang kehutanan.

Berbagai aspek manajemen hutan, seperti teknik reboisasi, konservasi, pengelolaan sumber daya hutan, pengelolaan lingkungan, dan ekologi hutan, juga dipelajari selama kuliah.

7. Ilmu Lingkungan

Ilmu Lingkungan juga merupakan salah satu rekomendasi Jurusan SNBP untuk yang nilai biologinya bagus. Saat menjadi mahasiswa Ilmu Lingkungan, kamu akan belajar tentang ekologi, geologi, hidrologi, kimia lingkungan, meteorologi, biologi lingkungan, teknologi lingkungan, dan lain-lain.
Jurusan ini pasti menarik buat kalian yang punya kepedulian lingkungan tinggi karena materi perkuliahannya sarat dengan pengelolaan dan pengendalian masalah lingkungan, seperti polusi udara, polusi air, pencemaran tanah, bahkan pemanasan global.

8. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Jurusan yang berkaitan dengan biologi ini mengkaji tentang epidemiologi, biostatistik, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, kesehatan reproduksi, kesehatan mental, kesehatan komunitas, manajemen kesehatan, dan berbagai aspek kesehatan masyarakat lainnya.

9. Farmasi

Farmasi adalah salah satu jurusan yang berhubungan dengan kimia dan biologi sekaligus. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang farmakologi, farmakokinetik, farmakodinamik, kimia farmasi, teknologi farmasi, analisis farmasi, farmasi klinis, dan farmasi jaringan.

Mahasiswa Farmasi juga belajar tentang cara kerja obat-obatan, cara menentukan dosis yang tepat, interaksi obat-obatan dengan tubuh, cara pembuatan obat-obatan, serta cara analisis obat-obatan.

Karena berkaitan dengan dua bidang ilmu sains sekaligus, tak heran bila Farmasi dikenal sebagai jurusan yang cocok untuk anak IPA. Alumni jurusan ini biasanya bekerja di industri farmasi, di apotek, atau di rumah sakit.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4200 seconds (0.1#10.140)