UN SMP 2015 Akan Online

Senin, 16 Juni 2014 - 05:29 WIB
UN SMP 2015 Akan Online
UN SMP 2015 Akan Online
A A A
JAKARTA - Mulai tahun depan (2015), pemerintah akan menguji coba ujian nasional (UN) SMP secara online. UN online atau daring ini akan menghemat anggaran dan lebih efisien.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam Zaman mengatakan, UN online tahun depan akan diuji coba pada beberapa provinsi.

Seperti DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sulawesi Utara (Sulut) dan Jawa Timur (Jatim). Kelima provinsi ini akan melaksanakan UN online karena sudah menerima tawaran pemakaian sistem online dari Kemendikbud sebelumnya.

"UN SMP online tahun depan masih dalam tahap uji coba. Kami akan terus menawarkan ke provinsi lain yang ingin memakai sistem ini," kata Nizam Zaman di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Minggu 15 Juni 2014.

Nizam menjelaskan, Kemendikbud berani menawarkan UN online ini karena suksesnya penerapan di luar negeri. Seperti Sekolah Indonesia Luar Negeri di Malaysia dan Singapura yang kemarin menjalani ujicoba.

Menurutnya, tidak ada masalah teknis ketika uji coba dilakukan di kedua negara tersebut bahkan, nilai peserta UN online di kedua negara tetangga pun bagus dan siswanya 100 persen lulus semua.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7956 seconds (0.1#10.140)