Jokowi: Saya Pramuka, Saya Indonesia, Saya Pancasila

Senin, 14 Agustus 2017 - 13:44 WIB
Jokowi: Saya Pramuka, Saya Indonesia, Saya Pancasila
Jokowi: Saya Pramuka, Saya Indonesia, Saya Pancasila
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Gerakan Pramuka agar senantiasa mengingat hymne Pramuka, yakni Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila.

"Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan agar Jaya Indonesia," tutur Jokowi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Senin (14/8/2017)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, Pramuka Indonesia menjadi Patriot yang menghayati dan mengamalkan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan Kejayaan NKRI.

Jokowi menegaskan, bahwa Pancasila telah diputuskan menjadi dasar negara, sebagai pemersatu bangsa. Menurutnya, Pancasila merupakan rumah kita bersama.

"Itu saja yang perlu saya sampaikan. Saya pramuka, saya Indonesia, saya Pancasila. Buatlah Indonesia selalu bangga pada praja muda karana. Salam pramuka," ucapnya.

(Baca juga: Jokowi Yakin Anak Muda Indonesia Generasi Petarung Bukan Pecundang)

Sebelumnya, Jokowi berharap semangat Pramuka tetap muda, produktif, inovatif, kreatif, terdepan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjadi garda terdepan perubahan di negeri ini.

"Ingat Pramuka adalah Praja Muda karana yang artinya jiwa muda yang suka berkarya" ucap Jokowi di Cibubur, Jakarta.

Jokowi berpesan, tugas menjaga semangat muda Pramuka berada di pundak seluruh anggota Pramuka. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai rata-rata usia Pramuka berada dalam kategori generasi milenial.

Untuk itu, kata dia, Gerakan Pramuka harus adaptif dengan perkembangan dan perubahan zaman, khususnya menyikapi kemajuan teknologi. "Pramuka harus melakukan terobosan jangan berpikir linier, jangan terjebak rutinitas dan monoton," ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2887 seconds (0.1#10.140)