Ikut SBMPTN 2018, Ini Harapan Peserta Disabilitas

Selasa, 08 Mei 2018 - 16:11 WIB
Ikut SBMPTN 2018, Ini Harapan Peserta Disabilitas
Ikut SBMPTN 2018, Ini Harapan Peserta Disabilitas
A A A
DEPOK - Minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi dinilai sangat besar. Setidaknya hal itu terlihat dari animo masyarakat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) 2019.

Begitu juga dengan masyarakat berkebutuhan khusus. Salah satunya Ramdani yang berharap bisa masuk perguruan tinggi yang didambakannya, yakni Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

"Saya ingin masuk UNJ, jurusannya pendidikan guru dasar. Sangat nyaman tes di sini karena keperluan untuk menjalankan tes sangat dibantu," kata Ramdani saat ditemui di Ruangan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (8/5/2018)

Hal senada juga diungkapkan Antika Ramadhani yang telah siap mengikuti ujian SBMPTN agar bisa masuk jurusan Psikologi Universitas Indonesia (UI). "Saya dari dulu memang mengidamkan masuk jurusan Psikologidan pilihannya yang bagus cuma di UI," paparnya.

Antika menegaskan, awal ketertarikannya untuk berkuliah di Universitas Indonesia ketika melihat gambar disabilitas di pintu masuk gerbang kampus yang berlokasi di wilayah Depok. "Kampus yang mendukung untuk saya ya di sini," ucapnya.

Humas SBMPTN 2018 Panlok 30 Jakarta, Rifelli Dewi Astuti mengatakan ada 11 orang peserta berkebutuhan khusus mengikuti SBMPTN 2018 di kampus UI.

"Awalnya ada 14 orang, namun yang hadir 11 peserta. Terdiri dari penyandang disabilitas seperti Tuna Daksa, Rungu, Netra sedangkan yang lainnya berkebutuhan khusus karena sakit," ungkapnya.

Rifelli mengungkapkan UI menjadi salah satu kampus yang dipercaya untuk menerima para peserta mengikuti tes SBMPTN selama dua hari ini.

Rektor Universitas UI Muhammad Anis menegaskan jajarannya saling membantu untuk mempermudah pelaksanaan ujian bagi peserta yang berkebutuhan khusus.

"Kami juga menyiapkan semuanya untuj mempermudah mereka untuk melakukan test disini. Kami juga berharap mereka dapat mengerjakan ujian dengan penuh konsentrasi dan semangat," kata Anis.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8842 seconds (0.1#10.140)