6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif untuk Raih Nilai Tinggi

Selasa, 26 April 2022 - 11:12 WIB
loading...
6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif untuk Raih Nilai Tinggi
6 cara belajar SBMPTN yang efektif untuk raih nilai tinggi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Para siswa yang mau masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Seleksi Bersama Masuk PTN ( SBMPTN ) butuh cara belajar efektif untuk lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ). Terlebih ada tiga jenis ujian yang akan dihadapi peserta untuk lolos dari penjaringan masuk PTN yang terkenal ketat ini.

Kembali diinfokan, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 akan berlangsung pada 17-23 Mei 2022 untuk gelombang pertama dan gelombang keduanya akan dihelat pada 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini UTBK akan ada tambahan ujian soal Bahasa Inggris. Selain itu, peserta harus bersiap untuk menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang akan mengukur kemampuan kognitif untuk mendukung keberhasilan berkuliah.

Dan tes ketiga adalah Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang model ujiannya mengusung Higher Order Thinking Skills yang akan mengukur pengetahuan dan kemampuan keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk dapat berhasil dalam kuliah.

Mengingat 3 materi ujian diatas memerlukan kemampuan akademik yang baik, maka sebaiknya para peserta UTBK SBMPTN perlu belajar semaksimal mungkin agar bisa lolos. Strategi khusus juga diperlukan sebab soal-soal UTBK adalah soal-soal istimewa yang pastinya juga membutuhkan strategi khusus untuk memahami dan menjawabnya.

Baca: Teliti Ubi Jalar, Mahasiswi UEU Raih Medali di Global Competition for Life Science

Melansir dari laman resmi Zenius, berikut ini 6 cara belajar SBMPTN yang efektif untuk mendapat nilai tinggi dan berhasil menjadi mahasiswa di PTN yang diidam-idamkan.

1. Jangan Terpaku pada Satu Soal UTBK

Supaya bisa menaklukan mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN, tips yang pertama adalah jangan terpaku pada satu soal. Biasanya peserta ujian sering terdistraksi dengan satu soal yang menurutnya gampang tetapi kok jawabannya tidak ketemu.

Maka, untuk menyikapi rasa penasaran ini harus berhati-hari sebab jika terlena mencari jawaban satu soal tapi menelantarkan soal lain akan rugi waktu. Coba untuk menerapkan tips SBMPTN Zenius dalam mengestimasikan waktu dan mulai terapkan cara tersebut bahkan saat elo sedang latihan soal.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1034 seconds (10.55#12.26)