6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif untuk Raih Nilai Tinggi

Selasa, 26 April 2022 - 11:12 WIB
loading...
A A A
Tips selanjutnya adalah jangan menghindari soal-soal sulit. Sebab mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN tidak mungkin semuanya soal mudah, kan? Karena biasanya, kita akan terpaku pada soal-soal yang penyelesaiannya lebih kompleks. Artinya soal-soal ini adalah soal yang punya tingkat kesulitan lebih tinggi.

Soal-soal tipe ini menguji kegigihan kalian sebagai peserta ujian untuk mencari jawaban, di sini kalian ditantang untuk dapat mengerjakan soal sulit dengan manajemen waktu yang baik. Percaya diri dulu saja terus coba otak-atik soalnya sampai bisa menemukan jawaban. Tetapi tetap perhitungkan waktu pengerjaan juga.

4. Latihan di Depan Komputer

Selain mengetahui bagian penting dalam hal apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN, kalian juga harus berlatih keterampilan teknis, terutama yang berhubungan dengan penggunaan komputer (alat UTBK). Jangan sampai karena tidak terbiasa mengerjakan soal di depan komputer, kalian jadi kagok mau kerjakan apa dulu saat ujian.

Mengerjakan soal di depan layar juga butuh stamina yang lebih. Ketika ujian, kalian akan berhadapan dengan layar selama berjam-jam dan ini akan membuat mata dan punggung (terutama) cepat lelah. Ada baiknya banyak berlatih dengan langsung mengikuti tryout oline dengan sistem yang mirip dengan UTBK SBMPTN.

5. Jangan Buru-Buru Menyelesaikan Soal

Karena hanya bisa diikuti sekali dalam setahun, gunakan kesempatan kalian mengikuti tes ini dan belajar UTBK dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Meneliti lagi semua soal-soal yang sudah dikerjakan, dan jangan terburu-buru mengumpulkan soal, meskipun kalian mungkin melihat teman ujian lain di satu ruangan sudah pada selesai.

Selama masih ada waktu, maksimalkan waktu yang ada itu dan jangan mudah terhasut (ikut-ikutan) karena orang lain. Ingat, UTBK SBMPTN bukan ajang perlombaan yang mengandalkan kecepatan, melainkan mengandalkan besar skor atau nilai yang bisa diraih.

6. Ikut Bimbel Intensif SBMPTN

Saat ini sudah banyak penyedia bimbingan belajar online di internet. Beberapa di antaranya bahkan ngasih akses gratis yang bisa dimanfaatkan. Namun jangan asal salah pilih, melainkan memilih penyedia bimbel online untuk persiapan UTBK dengan kualitas pengajar dan fitur try out UTBK yang disediakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)