6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif untuk Raih Nilai Tinggi

Selasa, 26 April 2022 - 11:12 WIB
loading...
6 Cara Belajar SBMPTN yang Efektif untuk Raih Nilai Tinggi
6 cara belajar SBMPTN yang efektif untuk raih nilai tinggi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Para siswa yang mau masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Seleksi Bersama Masuk PTN ( SBMPTN ) butuh cara belajar efektif untuk lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ). Terlebih ada tiga jenis ujian yang akan dihadapi peserta untuk lolos dari penjaringan masuk PTN yang terkenal ketat ini.

Kembali diinfokan, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 akan berlangsung pada 17-23 Mei 2022 untuk gelombang pertama dan gelombang keduanya akan dihelat pada 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini UTBK akan ada tambahan ujian soal Bahasa Inggris. Selain itu, peserta harus bersiap untuk menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang akan mengukur kemampuan kognitif untuk mendukung keberhasilan berkuliah.

Dan tes ketiga adalah Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang model ujiannya mengusung Higher Order Thinking Skills yang akan mengukur pengetahuan dan kemampuan keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk dapat berhasil dalam kuliah.

Mengingat 3 materi ujian diatas memerlukan kemampuan akademik yang baik, maka sebaiknya para peserta UTBK SBMPTN perlu belajar semaksimal mungkin agar bisa lolos. Strategi khusus juga diperlukan sebab soal-soal UTBK adalah soal-soal istimewa yang pastinya juga membutuhkan strategi khusus untuk memahami dan menjawabnya.

Baca: Teliti Ubi Jalar, Mahasiswi UEU Raih Medali di Global Competition for Life Science

Melansir dari laman resmi Zenius, berikut ini 6 cara belajar SBMPTN yang efektif untuk mendapat nilai tinggi dan berhasil menjadi mahasiswa di PTN yang diidam-idamkan.

1. Jangan Terpaku pada Satu Soal UTBK

Supaya bisa menaklukan mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN, tips yang pertama adalah jangan terpaku pada satu soal. Biasanya peserta ujian sering terdistraksi dengan satu soal yang menurutnya gampang tetapi kok jawabannya tidak ketemu.

Maka, untuk menyikapi rasa penasaran ini harus berhati-hari sebab jika terlena mencari jawaban satu soal tapi menelantarkan soal lain akan rugi waktu. Coba untuk menerapkan tips SBMPTN Zenius dalam mengestimasikan waktu dan mulai terapkan cara tersebut bahkan saat elo sedang latihan soal.

Untuk soal yang berhubungan dengan hitungan atau rumus, dan kudu pakai jalan, batasi 2-3 kali uji coba dalam mencari jawaban. Kalau sudah mentok, lebih baik kerjakan soal yang lain.

Cara yang efektif ini akan sangat berkaitan dengan keahlian kalian dalam memanajemen waktu saat mengerjakan soal. Ditambah, keahlian seperti ini tidak bisa didapat dari membaca buku-buku mata pelajaran semata. Ini hanya bisa dilakukan ketika kalian sudah berlatih soal UTBK SBMPTN dengan sistem yang sama persis dengan ujian yang sesungguhnya seperti ikut tryout

2. Jangan Terpaku Pada Satu Kelompok Soal UTBK

Tips ini bisa digunakan ketika kalian bingung belajar UTBK mulai dari mana. Kalian tidak hanya bisa focus hanya pada satu materi, melainkan harus adil untuk mempelajari semua jenis soal yang keluar di SBMPTN.

Jangan sekali-sekali menganaktirikan suatu kelompok soal dalam UTBK SBMPTN ya sobat. Meskipun kalian tidak terlalu suka, atau tidak terlalu jago dengan satu mata pelajaran, kalian harus tetap belajar dan menguasai beberapa materi yangs sering diujikan dalam SBMPTN.

Justru dengan melihat suatu mata pelajaran sebagai kekurangan, kalian harus memberikan perhatian ekstra pada mata pelajaran ini. Misalnya, jika tidak terlalu suka dengan mata pelajaran Kimia, bukan berarti dalam tes boleh mengisi kelompok soal Kimia asal-asalan.

Sebab, penilaian UTBK SBMPTN bukan akumulasi (jumlah) dari semua kelompok soal yang diujikan, tapi skornya akan keluar berdasarkan masing-masing mata pelajaran. Ini juga akan menjadi pertimbangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam menerima kalian sebagai mahasiswa mereka.

Misal, skor matematika dan biologi dapet nilai sempurna (alias 1.000 poin) tapi skor kimia dan fisika rendah banget (misalnya di bawah 100). Ini artinya kalian tidak bisa menguasai mata pelajaran secara menyeluruh dan hanya focus pada kelebihan dan tidak meminimalisir kekurangan.

Baca juga: Keren, Tim Mahasiswa Universitas Pertamina Juara 1 Kompetisi Logistic Champ 2022

3. Jangan Menghindari Soal UTBK yang Sulit

Tips selanjutnya adalah jangan menghindari soal-soal sulit. Sebab mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN tidak mungkin semuanya soal mudah, kan? Karena biasanya, kita akan terpaku pada soal-soal yang penyelesaiannya lebih kompleks. Artinya soal-soal ini adalah soal yang punya tingkat kesulitan lebih tinggi.

Soal-soal tipe ini menguji kegigihan kalian sebagai peserta ujian untuk mencari jawaban, di sini kalian ditantang untuk dapat mengerjakan soal sulit dengan manajemen waktu yang baik. Percaya diri dulu saja terus coba otak-atik soalnya sampai bisa menemukan jawaban. Tetapi tetap perhitungkan waktu pengerjaan juga.

4. Latihan di Depan Komputer

Selain mengetahui bagian penting dalam hal apa yang harus dipelajari untuk SBMPTN, kalian juga harus berlatih keterampilan teknis, terutama yang berhubungan dengan penggunaan komputer (alat UTBK). Jangan sampai karena tidak terbiasa mengerjakan soal di depan komputer, kalian jadi kagok mau kerjakan apa dulu saat ujian.

Mengerjakan soal di depan layar juga butuh stamina yang lebih. Ketika ujian, kalian akan berhadapan dengan layar selama berjam-jam dan ini akan membuat mata dan punggung (terutama) cepat lelah. Ada baiknya banyak berlatih dengan langsung mengikuti tryout oline dengan sistem yang mirip dengan UTBK SBMPTN.

5. Jangan Buru-Buru Menyelesaikan Soal

Karena hanya bisa diikuti sekali dalam setahun, gunakan kesempatan kalian mengikuti tes ini dan belajar UTBK dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Meneliti lagi semua soal-soal yang sudah dikerjakan, dan jangan terburu-buru mengumpulkan soal, meskipun kalian mungkin melihat teman ujian lain di satu ruangan sudah pada selesai.

Selama masih ada waktu, maksimalkan waktu yang ada itu dan jangan mudah terhasut (ikut-ikutan) karena orang lain. Ingat, UTBK SBMPTN bukan ajang perlombaan yang mengandalkan kecepatan, melainkan mengandalkan besar skor atau nilai yang bisa diraih.

6. Ikut Bimbel Intensif SBMPTN

Saat ini sudah banyak penyedia bimbingan belajar online di internet. Beberapa di antaranya bahkan ngasih akses gratis yang bisa dimanfaatkan. Namun jangan asal salah pilih, melainkan memilih penyedia bimbel online untuk persiapan UTBK dengan kualitas pengajar dan fitur try out UTBK yang disediakan.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)