Anies Baswedan: Laporkan Pembocor UN SMP

Senin, 04 Mei 2015 - 18:38 WIB
Anies Baswedan: Laporkan Pembocor UN SMP
Anies Baswedan: Laporkan Pembocor UN SMP
A A A
BANTUL - Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mengajak masyarakat melaporkan kecurangan maupun kebocoran naskah Ujian Nasional (UN) SMP. Anies menjamin laporan tersebut akan segera diproses dan tidak akan merugikan pelapor.

“Harus laporkan,” kata Anies saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bantul, Senin (4/5/2015). Namun sejauh ini, kata Anies, pelaksanaan UN SMP di seluruh Indonesia sejauh ini berjalan baik.

Adapun mengenai kebocoran naskah UN, Anies mengatakan kemungkinan hal itu tetap ada, sehingga semua pihak diharapkan bisa bekerja sama mencegah maupun menanganinya. Dia menambahkan, saat pelaksanaan UN tingkat SMA beberapa waktu lalu, kasus kebocoran naskah di wilayah Yogyakarta tak ditemukan. “Di atas 97, itu artinya bagus dan tidak akan ada ulangan,”tandasnya.

Sementara itu, ada dua siswa SMP di Bantul hari ini yang tidak mengikuti ujian karena sakit. Siswa itu berasal dari SMP 1 Muhammadiyah Bantul dan SMPN 1 Bantul. Mereka berdua akan diberi kesempatan mengikuti ujian susulan pada tanggal 11 Mei mendatang atau sepekan yang akan datang.

Kasie Data dan Informasi Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Dasar (Disdikdas) Bantul Wahyuni mengakui, hari pertama UN tingkat SMP berjalan lancar tanpa kendala apapun. Dengan absennya dua siswa itu, maka jumlah siswa peserta UN tingkat SMP pada hari pertama sebanyak 11.890 orang. "Belum ada laporan apa-apa soal keluhan teknis soal," ucap Wahyuni.

Kepala Bidang Bina Program Disdikdas Sudarwati menegaskan meski Presiden Jokowi datang ke Bantul hari ini, tak ada siswa yang menyambutnya. Hal itu dilatari Surat Edaran (SE) dari Bupati Bantul mengenai upaya menjaga kondusivitas pelaksanaan UN. “Kami memang sudah komunikasi tidak akan ada penyambutan dari siswa,” terangnya. (ico)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7660 seconds (0.1#10.140)