Ini Syarat Minimal Nilai Rapor Siswa yang Ingin Daftar Sekolah Kedinasan

Selasa, 14 Maret 2023 - 16:20 WIB

4. STIS

Badan Pusat Statistik memiliki sebuah perguruan tinggi kedinasan bernama Politeknik Statistika atau yang lebih dikenal dengan STIS. Institusi pendidikan ini didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akademi Ilmu Statistik.

Menurut informasi yang diberikan di laman STIS, calon peserta didik harus lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA peminatan MIPA/IPS. Lulusan atau siswa dari SMK/MAK juga diperbolehkan untuk mendaftar, namun hanya peminatan jurusan teknik komputer dan informatika.

Sementara itu, pada penerimaan mahasiswa tahun lalu, nilai minimal pada mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris haruslah 80,00 (skala 100,00) atau 3,20 (skala 1,00-4,00), baik pada ijazah maupun nilai rapor semester ganjil kelas 12.

5. PPI

Politeknik Perkeretaapian Indonesia merupakan kampus di bawah Kementerian Perhubungan, yang berlokasi di Madiun, Jawa Tengah. Calon peserta didik yang ingin menjadi taruna di PPI pola pembibitan wajib memiliki nilai ijazah SMA tidak kurang dari 70 (jika sudah lulus SMA).

Namun, bagi mereka yang masih duduk di kelas akhir SMA, nilai rapor semester genap kelas XI dan semester gasal kelas XII minimal adalah 70. Sementara, untuk calon peserta khusus Papua/Papua Barat, nilai rata-rata ujian yang tertera pada ijazah tidak kurang dari 65 (skala penilaian 10-100).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mpw)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More