Mengenal Teks Normatif, Pengertian dan Juga Contohnya

Selasa, 25 Juli 2023 - 14:50 WIB
Mengenal teks normatif, pengertian dan juga contoh kalimatnya Foto/Zenius.
JAKARTA - Teks normatif merupakan teks yang memiliki tujuan untuk memberikan tujuan, pedoman atau norma ke pihak-pihak yang ditunjukkan. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu teks normatif, berikut ini artikel untuk Anda.

Teks ini biasanya digunakan untuk mengatur sebuah tindakan tertentu untuk menunjukan kewajiban, instruksi atau larangan.

Pengertian Teks Normatif



Teks normatif merupakan salah satu jenis teks yang sering digunakan untuk mengatur, menjelaskan, atau memberikan pedoman terkait dengan aturan, hukum, kebijakan, atau norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem atau masyarakat.

Fungsinya adalah untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan tegas agar dapat dipahami dan diikuti oleh semua pihak yang terlibat. Teks normatif juga bertujuan untuk menciptakan keseragaman dan konsistensi dalam pelaksanaan aturan dan kebijakan.

Struktur Teks Normatif



Dalam teks normatif terdiri beberapa bagian yang saling terkait dengan urutan tertentu.

1. Pendahuluan atau Pernyataan Tujuan

Bagian ini berfungsi sebagai pengenalan terhadap isi teks normatif. Biasanya, pendahuluan menyampaikan tujuan atau maksud dari teks, serta memberikan gambaran singkat tentang aturan atau norma yang akan dijelaskan.

2. Norma Aturan atau Pembahasan



Pada bagian ini dijelaskan secara rinci aturan atau norma yang hendak diterapkan atau diikuti oleh pihak yang dituju. Setiap aturan atau norma biasanya disusun dalam bentuk paragraf atau subbagian yang terpisah untuk mempermudah pemahaman.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More