Sederet Beasiswa di UGM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Rabu, 26 Juli 2023 - 11:03 WIB
Sejumlah mahasiswa dari keluarga tidak mampu pun banyak yang lolos dan dan kuliah gratis di UGM dengan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100% (UKT).

Contohnya Putri Atmawan Pujaningsih, anak petani dari Sumbawa NTB yang kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UGM melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Penetapan UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM didasarkan pada kemampuan ekonomi kedua orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan mahasiswa.

Kemampuan ekonomi dievaluasi berdasarkan dokumen-dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa setelah dinyatakan diterima dan melakukan pendaftaran ulang.

Untuk penetapan UKT yang akan berlaku ini, maka calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima di salah satu jalur masuk UGM harus melakukan registrasi ulang dengan menyertakan dokumen pendukung.

Misalnya untuk jalur SNBT, saat registrasi ulang data pendukung dan unggah dokumen dilakukan di laman simaster.ugm.ac.id. Calon mahasiswa kemudian memantau hasil verifikasi penetapan UKT di akun SIMASTER masing-masing kemudian membayar UKT sesuai ketentuan.

Baca juga: Mengenal Beasiswa Pendidikan Indonesia, Apa Syarat dan Berkas yang Harus Disiapkan?

Dokumen untuk UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi



Berdasarkan informasi untuk registrasi ulang SNBT 2023 di UGM, berikut ini dokumen yang disyaratkan untuk UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi.

1. Kartu Keluarga asli
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More