Jurusan Kuliah 5 Dirut Pertamina, Lulusan Kampus Mana Aja Sih?

Rabu, 26 Juli 2023 - 12:00 WIB
Jurusan kuliah 5 Direktur Utama (Dirut) Pertamina terakhir belakangan. Mereka berasal dari beragam kampus. Foto/Pertamina.
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan strategis milik pemerintah untnuk mendukung kemandirian energi nasional. Sejarah panjang perusahaan BUMN yang sudah berdiri enam dekade itu pun diwarnai dengan pergantian para direktur utamanya.

Eksistensi Pertamina di Indonesia pertama tercatat sejarah pada 1950-an. Kala itu pemerintah menunjuk Angkatan Darat mendirikan PT Eksploitasi Tambang Minyak Sumatra Utara untuk mengelola ladang minyak di Pulau Sumatra.

Hari lahirnya Pertamina ditetapkan pada 10 Desember 1957 dengan peresmian perusahaan yang bernama PT Perusahaan Minyak Nasional (Permina) yang kemudian pada 1960 berganti nama menjadi PN Permina dan berlanjut hingga 2003 menjadi PT Pertamina (Persero).

Saat ini PT Pertamina (Persero) dipimpin oleh Nicke Widyawati yang diangkat sebagai bos Pertamina untuk periode kedua pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), 3 Desember 2022 lalu.

Sebelum Nicke, perusahaan energi pelat merah ini dipimpin oleh sejumlah nama. Berikut ini 5 Dirut Pertamina sebelum Nicke dan jurusan kuliahnya.

Baca juga: 8 Lapangan Kerja Menjanjikan Lulusan Teknik Sipil, Dibutuhkan Proyek Besar Infrastruktur

Jurusan Kuliah 5 Dirut Pertamina

1. Nicke Widyawati



Dikutip dari situs resmi Pertamina, Nicke menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : SK-97/MBU/04/2018, Tanggal 20 April 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.



Nicke Widyawati. Foto/SINDOnews
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More