Apa Itu Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel? Kenali Perbedaannya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 13:47 WIB
Salah satu perbedaan paper, makalah, essay, jurnal, dan artikel yang paling terlihat adalah publikasi. Jurnal memiliki aturan khusus dalam publikasi karena harus menunggu periode waktu tertentu, misalnya 2 kali setahun.

Artikel

Karya tulis ini juga tidak memiliki aturan khusus. Namun, setiap lembaga memiliki ketentuan sendiri yang harus dipenuhi. Hal inilah yang membuat publikasi artikel biasanya cenderung lebih mudah.



6. Proses Pengumpulan Tulisan

Paper

Dalam proses pengumpulan, biasanya diterima tidaknya paper yang kamu buat tergantung dari peminta. Oleh sebab itu, kamu perlu menyusun paper tersebut dengan benar sehingga bisa langsung diterima.

Makalah

Sama seperti paper, biasanya makalah bisa langsung diterima. Namun, untuk penilaian biasanya akan menunggu hingga beberapa waktu. Isi makalah akan diperiksa terlebih dahulu dan kemudian akan diberikan nilai.

Essay

Proses pengumpulan essay pada dasarnya jauh lebih mudah. Biasanya, essay akan mendapatkan penilaian setelah dilakukan pemeriksaan. Proses pengumpulannya juga terbilang cukup mudah dibandingkan dengan karya tulis lainnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More