5 Faktor Penting Sistem Penilaian di Kampus, Calon Mahasiswa Jangan Sampai Tak Tahu

Rabu, 02 Agustus 2023 - 12:25 WIB

4. Perbedaan IP dan IPK



Terkadang ada beberapa orang yang masih keliru dan kerap memahami bahwa Indeks Prestasi (IP) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ini adalah hal yang sama. Padahal jelas keduanya berbeda. Jika hal-hal yang diutarakan sebelumnya sudah mewakili secara tidak langsung tentang Indeks Prestasi (IP), tentu kamu juga harus mengenal lebih jauh seputar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Perlu kamu ketahui bahwa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ini merupakan rata-rata Indeks Prestasi (IP) mahasiswa dari semester satu hingga semester akhir.

Sedangkan, Indeks Prestasi (IP) itu hanya indeks prestasi per semesternya saja. Jadi, kalau sudah wisuda maka nilai paling akhir yang akan muncul adalah IPK dan nantinya IPK itu akan menentukan predikat kelulusanmu.

5.Tips Memaksimalkan Indeks Prestasi



Setelah kamu memahami 4 hal tentang sistem penilaian di kampus sebelumnya, ini ada beberapa tips untuk memaksimalkan Indeks Prestasi (IP).Yang pertama harus kamu lakukan adalah usahakan mendapat nilai A pada persentase penilaian tertinggi.

Kemudian, usahakan juga untuk mendapat nilai A pada mata kuliah dengan Satuan Kredit Semester (SKS) besar. Dan yang terakhir, disarankan mengambil Satuan Kredit Semester (SKS) sesuai kemampuan diri sendiri sehingga Indeks Prestasi (IP) pun menjadi maksimal. Jangan lupa juga untuk belajar dengan rajin dan tekun
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More