Tipe-Tipe Tugas Kuliah yang Lazim Diberikan Dosen, Susah Apa Gampang?

Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:10 WIB
Ada sejumlah tipe tugas kuliah yang lazim diberikan dosen untuk para mahasiswa. Salah satunya adalah melakukan presentasi. Foto/Ist
JAKARTA - Bentuk-bentuk tugas di bangku perkuliahan ini wajib diketahui mahasiswa.Menjalani status sebagai seorang mahasiswa tentu biasa mendapatkan tugas perkuliahan dari dosen.

Dalam beberapa hal mungkin tugas-tugas yang diberikan saat kuliah bisa jadi sama ketika kamu duduk di jenjang menengah, namun beberapa tugas juga bersifat beda. Lalu, apa saja tipe-tipe tugas di dunia perkuliahan? Artikel kali ini akan memberi ulasannya.

Tipe-Tipe Tugas Kuliah yang Lazim Diberikan Dosen

1. Presentasi



Tugas umum yang biasa diberikan dosen adalah presentasi. Tugas dalam bentuk presentasi biasanya dikerjakan secara berkelompok. Di dalam kelompok tersebut kamu diharuskan membagi tugas satu sama lain.Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Canva atau Google Presentation untuk mengerjakannya dalam satu laman yang sama.

Selain itu, tugas presentasi juga memberikan dosen gambaran kemampuan berkomunikasi para mahasiswanya. Biasanya seorang dosen juga melihat dan menilai kelancaran presentasi mahasiswa.

2. Makalah



Makalah terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari makalah ilmiah yang membahas tentang permasalahan dari hasil studi ilmiah, makalah kajian yang berisi pemecahan masalah yang sifatnya kontroversial, hingga makalah analisis untuk berbagai permasalahan yang bersifat objektif dan empiris.

3. Review (Studi Kasus)



Review atau studi kasus biasanya diberikan dosen untuk dikerjakan secara individu, namun tidak menutup kemungkinan untuk dikerjakan secara berkelompok. Tugas studi kasus merupakan tugas yang bisa diberikan dosen secara on site maupun take home.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More