Tipe-Tipe Tugas Kuliah yang Lazim Diberikan Dosen, Susah Apa Gampang?

Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:10 WIB
Review atau studi kasus ini biasanya menggunakan contoh kasus terkini atau sebelumnya. Mahasiswa biasanya diminta untuk menganalisis kasus tersebut dan dikaitkan dengan konsep yang ada dalam mata kuliah tersebut.

4. Laporan Praktikum



Laporan praktikum merupakan tipe tugas dalam perkuliahan yang juga biasa diberikan. Bagi kamu yang memiliki mata kuliah praktikum biasanya akan ada tugas laporan praktikum. Tugas ini biasanya ditemui oleh mahasiswa Kedokteran, Teknik, dan sejenisnya.

Kamu biasanya diminta untuk menuliskan atau melaporkan hasil yang ditemui ketika melakukan kegiatan praktik. Laporan praktikum juga biasanya memiliki format penulisannya sendiri. Setiap kampus, perguruan tinggi, atau bahkan dosen memiliki struktur penulisan berbeda-beda.

5.Proyek



Tugas ini memiliki beban kerja yang biasanya lebih besar jika dibandingkan tugas-tugas lain. Proyek juga bisa dijadikan sebagai UTS atau UAS mata kuliah tersebut. Biasanya tugas proyek menyarankan kalian dalam bentuk berkelompok.

Mengingat beban kerja yang cukup banyak, maka tugas proyek biasanya memiliki waktu pengerjaan yang lebih lama dan matang. Tugas proyek ini juga biasanya memiliki output atau luaran berupa karya. Nah, biasanya dalam tugas proyek juga memungkinkan kalian untuk melakukan presentasi.

6. Skripsi



Kamu mungkin sudah mengenal tentang skripsi. Ya, skripsi merupakan tahapan akhir dalam jenjang sarjana. Skripsi jadi salah satu syarat dalam kelulusan. Skripsi biasanya meneliti masalah yang terjadi atau meneliti sebuah kasus atau fenomena yang terjadi.

Dalam sebuah skripsi biasanya harus ada aspek research gap atau inconsistency. Artinya, dalam sebuah skripsi harus ada masalah ilmiah yang mendasari kalian mengapa harus membuat atau memilih tema dan judul tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More