10 Tips Mengerjakan Skripsi dengan Cepat, Tepat dan Cermat

Kamis, 25 November 2021 - 21:33 WIB
10 Tips Mengerjakan Skripsi dengan Cepat, Tepat dan Cermat
Mahasiswa berjuang menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir sebelum lulus. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menulis skripsi menjadi satu tahapan terakhir seorang mahasiswa untuk lulus dan meraih gelar sarjana. Ada mahasiswa yang lulus dengan cepat karena skripsinya kelar tepat waktu tetapi ada yang menunda membuat skripsi sehingga tertinggal lulus dari rekan lainnya.

Skripsi tidak sekedar tulisan karya ilmiah saja. Sebab ada tujuan di balik itu. Dengan menulis skripsi mahasiswa akan berpikir secara logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan hingga menyusunnya ke dalam bentuk laporan.

Baca juga: Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 8 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Buah dari hasil berpikir kritis, penelitian ke lapangan, analisa dan kesimpulan yang terbentuk itu dituangkan ke dalam bentuk laporan yang tersusun rapi dan sistematis. Mulai dari pendahuluan, kajian pustaka hingga penutup.



Melansir dari laman Ruang Guru di ruangguru.com, simak beberapa kiat agar bisa menulis skripsi dengan cepat, tepat dan cermat.

1. Tema
Agar skripsimu cepat selesai, kamu harus memulainya dengan perasaan senang. Carilah topik yang disukai sebab jika dasarnya saja sudah senang akan sesuatu maka setiap proses penulisan akan dijalani dengan nikmat sehingga akan lebih cepat dalam menyelesaikan skripsi.

Topik yang dipilih juga harus disesuaikan dengan jurusan yang dijalankan di bangku perkuliahan. Coba lihat dari berbagai sudut pandang, apa yang kira-kira bisa dikaitkan dari topik yang kamu pilih dengan jurusan. Siapkan beberapa topik, setidak-tidaknya lima. Jadi, kalau yang satu ditolak, maka masih banyak topik cadangan yang bisa diajukan ke dosen pembimbing.

2. Ketersediaan data
Data adalah satu hal wajib dalam skripsi karena suatu penelitian tidak akan dianggap valid jika tidak tersaji data didalamnya. Oleh karena itu, pastikan data yang dibutuhkan tersedia untuk digunakan dalam skripsi.

Segeralah mulai mencari data, ketika judul skripsimu sudah ditentukan. Sumbernya bisa dari buku, jurnal, surat kabar, majalah, website, atau penelitian langsung. Hal yang juga harus diperiksa adalah apakah sumbernya terpercaya atau tidak.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1285 seconds (10.177#12.26)