Mahasiswa Unsoed Olah Kulit Durian untuk Kurangi Plak dan Bau Mulut

Selasa, 29 Agustus 2023 - 16:08 WIB
Limbah kulit durian diolah oleh tim mahasiswa Unsoed sebagai tablet kumur untuk mengurangi plak dan bau mulut. Foto/Freepik.
JAKARTA - Lima mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) membuat inovasi yang tak biasa. Mereka membuat tablet kumur berbahan dasar limbah kulit durian yang berkhasiat mengurangi plak pada gigi dan bau mulut.

Lima mahasiswa Unsoed tersebut berasal dari program studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yaitu Siti Nafingah angkatan 2021, Ridha Aisya Zahra (2021), Fatmah Trilatifah (2021), Rafi Ashza Sejati (2022), mahasiswa jurusan Fisika Musyarifah (2021). Mereka dibimbing oleh dosen Indah Setiawati.

Khasiat Tanin pada Kulit Durian



Siti Nafingah menjelaskan awal munculnya ide pembuatan tablet kumur dari limbah kulit durian berawal pada melimpahnya sisa konsumsi dari buah durian yang berkhasiat bagi kesehatan gigi dan mulut, serta memiliki pangsa pasar yang luas.

Baca juga: Ciptakan Alat Deteksi Stres Atlet E-Sport, Mahasiswa Unair Sabet Juara Internasional

Sebuah inovasi yang didasari oleh melimpahnya limbah kulit durian di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, karena limbah tersebut dinilai masih memiliki nilai guna sehingga dapat dimanfaatkan.



Tim mahasiswa Unsoed. Foto/Unsoed

Terlebih lagi, kulit durian terbukti mengandung senyawa tanin yang berperan sebagai anti bakteri sehingga dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut dan menghilangkan plak gigi.

Proses Pembuatan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More