Mengenal Apa Itu Gelar LLB dan LLM di Bidang Hukum, Mana Lebih Baik?

Selasa, 10 Oktober 2023 - 13:28 WIB
Inilah gelar paling umum yang digunakan universitas-universitas di dunia untuk jenjang master. Biasanya, dicapai setelah menempuh 1-2 tahun masa studi. LL.M. merupakan singkatan dari Legum Magister, bahasa Latin yang artinya magister hukum.

Merujuk University of California Berkeley, ada beberapa jenis LL.M. Pertama, ada yang berbasis penelitian sehingga dalam kurikulumnya tidak ada proses belajar-mengajar di kelas.

Ada pula yang berbasis kuliah di kelas yang biasanya tidak memerlukan karya tulis untuk lulus. Namun, ada pula yang mengkombinasikannya, melalui proses belajar di kelas dan di akhir masa kuliah membuat penelitian kecil.

Perbedaan LLB dan LLM



Perbedaan utama antara LLB dan LLM adalah tingkat spesialisasi dan kedalaman pengetahuan. LLB memberikan gambaran luas tentang sistem hukum, sementara LLM memungkinkan siswa untuk mempelajari lebih dalam bidang hukum tertentu dan mengembangkan keterampilan analitis dan penelitian tingkat lanjut.



Fakta Gelar LLB dan LLM



1. LLB (Sarjana Hukum) adalah gelar sarjana hukum, yang biasanya merupakan program tiga tahun. Ini memberi siswa pemahaman dasar tentang sistem hukum, termasuk prinsip, prosedur, dan praktik hukum.

2. Di sisi lain, LLM (Master of Laws) adalah gelar pascasarjana di bidang hukum yang dibangun berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama LLB atau gelar setara.

3. Biasanya LLM merupakan program satu tahun yang memungkinkan siswa untuk mengambil spesialisasi dalam bidang hukum tertentu, seperti hukum internasional, hukum hak asasi manusia, hukum perusahaan, atau hukum kekayaan intelektual
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More