6 Tips Menjawab Interview Kerja tentang Kelebihan dan Kekurangan, Jurus Anti Gagal Bagi Fresh Graduate

Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:17 WIB
Baca juga: 6 Rekomendasi Website untuk Membuat CV dan Portfolio Agar Cepat Diterima Kerja

Jadi, kamu tidak hanya mengatakan kekurangan kamu, tetapi kamu juga memberikan contoh solusi apa yang telah kamu lakukan untuk mengatasi kekurangan kamu. Hal ini akan menjadi nilai tambah di mata interviewer. Menunjukkan juga kalau kamu juga orang yang solutif.

4. Jawab dengan Yakin dan Percaya Diri



Jawablah dengan yakin dan penuh percaya diri, hal ini akan menunjukkan kamu sangat mengenal diri kamu sendiri. Tatap mata lawan bicara dengan postur badan yang tegak untuk menambah kepercayaan diri kamu.

Menjawab dengan ragu-ragu akan memberikan impresi yang negatif bagi pewawancara, karena jika kamu tidak bisa mengenal diri sendiri, bagaimana kamu nantinya bisa beradaptasi dengan lingkungan kamu bekerja.

5. Kejujuran Adalah yang Utama



Pewawancara pastinya ingin melihat kepribadian kamu yang sebenarnya. Jangan terpaku pada jawaban kelebihan dan kekurangan yang kamu temui di internet. Mereka juga pasti bisa melihat apakah jawaban yang kamu berikan adalah sejujurnya diri kamu atau jawaban yang telah kamu rangkum berdasarkan riset dari artikel di internet.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Kiat dari Lulusan Bangkit Agar Cepat Direkrut Perusahaan Bonafide

Interviewer ingin melihat kemampuan yang kamu miliki dengan kebutuhan yang diinginkan perusahaan. Apakah kamu nantinya bisa masuk ke dalam budaya dan cara kerja perusahaan. Dengan menjawab jujur kamu bisa melihat apakah perusahaan ini adalah pilihan yang tepat bagi kamu untuk memulai karirmu.

6. Hindari Kelemahan Diri yang Bersifat Fatal



Jawaban kelemahan seperti tidak bisa on time akan dinilai tidak profesional. Karena on time dalam pekerjaan bersifat fatal terutama jika kamu melamar di lingkungan perusahaan yang fast-paced environment. Kelemahan lain yang harus kamu hindari adalah kelemahan yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Misalnya kamu melamar sebagai Sales Manager, namun kamu mengatakan kamu tidak memiliki kemampuan dalam bidang sales, rekruter akan memberikan nilai yang buruk untuk hasil interview kamu.

Menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri saat interview memang terlihat rumit. Kamu sebenarnya hanya perlu mengenali diri sendiri dan kemudian berlatih untuk menjawab pertanyaan dengan penuh percaya diri. Jawab dengan padat dan terstruktur, jangan menjawab dengan bertele-tele.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More