Ini Beda Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis yang Perlu Diketahui, Jangan Gagal Paham

Senin, 06 November 2023 - 10:18 WIB
Pada dasarnya, perbedaan utama antara Jurusan Administrasi Bisnis dengan Manajemen Bisnis bisa dilihat dari ruang lingkup ilmu yang dipelajari. Singkatnya, Administrasi Bisnis merupakan spesialis (khusus), sedangkan Manajemen Bisnis merupakan generalisasi (umum).

2. Perbedaan tanggung jawab dalam dunia kerja



Di dunia kerja, perbedaan antara lulusan Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis juga sangat terlihat signifikan lho. Lulusan Administrasi Bisnis akan memiliki tugas di satu bidang yang spesifik saja. Seperti bertanggung jawab atas administrasi akuntansi, administrasi IT, atau administrasi bangunan kantor.

Sementara itu, lulusan Manajemen Bisnis memiliki tanggung jawab di level yang lebih tinggi. Seperti bertanggung jawab atas pengembangan bisnis, kerja sama dengan perusahaan lain, dan lain-lain.

3. Perbedaan karier di masa depan

Saat sudah bekerja, biasanya orang yang mempelajari dan berpengalaman di bidang Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis akan memiliki jalur karier yang berbeda.

Misalnya, untuk lulusan Administrasi Bisnis akan lebih banyak yang terjun pada bidang profesi seperti analis finansial, admin benefit, analysis budget, atau manajer marketing.

Sedangkan, lulusan-lulusan dari Manajemen Bisnis memiliki karier yang lebih fokus pada analis manajemen, manajer sales, office manager, atau purchasing manager.

4. Perbedaan mata kuliah yang dipelajari



Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis memiliki perbedaan di sisi materi yang dipelajari selama berkuliah. Jurusan Administrasi Bisnis mempelajari mata kuliah yang sangat spesifik seperti Dasar-dasar Pemasaran Bisnis, Organisasi & Manajemen Bisnis, Perpajakan, Komunikasi Bisnis, Matematika Bisnis, Perencanaan dan Pengembangan Bisnis, serta Manajemen Keuangan Bisnis.

Adapun untuk Jurusan Manajemen Bisnis, mata kuliah yang dipelajari meliputi: Komunikasi Bisnis, Pengantar Akuntansi, Manajemen Perbankan, Manajemen Produk dan Merek, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, serta Manajemen Operasional.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More