Awas Salah Jurusan! Ini Beda Jurusan Ilmu Hukum dan Jurusan Hukum yang Perlu Diketahui

Rabu, 15 November 2023 - 14:39 WIB
8. Sedangkan jurusan hukum itu hanya mempelajari bidang-bidang hukum yang sesuai keahlian atau yang diinginkan saja. Dimana biasanya ada beberapa konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum administrasi negara, hukum tata negara atau hukum internasional.



Definisi Hukum



Secara garis besar, pengertian hukum adalah sebuah undang-undang yang dirancang dan ditegakkan melalui lembaga sosial atau pemerintah dengan tujuan untuk masyarakat di suatu negara.

Secara bahasa, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hukum diartikan sebagai sebuah peraturan atau adat yang sifatnya dianggap mengikat dan secara resmi dikukuhkan oleh pemerintah (penguasa).

Dengan adanya sebuah hukum di suatu daerah, hal ini dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di dalamnya. Di mana hukum sendiri dapat membentuk politik, sejarah, serta kehidupan masyarakatnya.

Penegakan hukum yang dilakukan di setiap negara itu bervariasi. Artinya, negara satu dengan negara lainnya memiliki peraturan hukum yang berbeda-beda. Begitu pula dengan hukum yang ditegakan di Indonesia.
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More