10 Bahasa Resmi yang Dipakai di Sidang Umum UNESCO

Rabu, 22 November 2023 - 13:07 WIB
9. Bahasa Portugis

10. Bahasa Indonesia

Kronologis Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Resmi UNESCO



1. Januari 2023



Duta Besar RI untuk Prancis dan Wakil Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO berdiskusi tentang potensi bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Sidang Umum UNESCO yang kemudian usulan ini disampaikan kepada Badan Bahasa Kemendikbudristek.

Baca juga: Dinilai Membosankan, Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kampus Perlu Diuba

2. 7 Februari 2023



Kepala Badan Bahasa bertemu Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO dan Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang (OINB), Kementerian Luar Negeri bertemu di Jakarta untuk berbicara mengenai peluang dan strategi agar bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Sidang Umum UNESCO. Naskah ajuan pun disusun dan selanjutnya prosedur pengajuan diusulkan.

3. 29 Maret 2023



Kemenlu bersurat ke KBRI dan Perwakilan Tetap RI untuk UNESCO di Paris untuk menominasikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi sidang umum UNESCO.

4. 10-24 Mei 2023



Dewan Eksekutif UNESCO bersidang memabhaas usulan pemerintah Indonesia tersebut. Hasilnya Dewan Eksekutif mmasukkan proposal pemerintah Indonesia dalam sesi 42 Sidang Umum

5. 8 November 2023



Delegasi Indonesia melakukan presentasi usulan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Sidang Umum UNESCO di hadapan Legal Comittee UNESCO di kantor pusat Paris.

6. 20 November 2023



Sidang pleno UNESCO memutuskan untuk menerima usulan Pemerintah Indonesia untuk menjadikan bahasa Indonesia bahasa resmi Sidang Umum UNESCO.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More