Ini 3 Institut Terbaik di Indonesia Versi Nature Index 2023

Kamis, 08 Februari 2024 - 15:23 WIB
Ada tiga institut di Indonesia yang masuk daftar terbaik berdasarkan lembaga pemeringkatan Nature Index 2023. Foto/ITERA.
JAKARTA - Ada tiga institut di Indonesia yang masuk daftar universitas terbaik berdasarkan lembaga pemeringkatan Nature Index 2023. Berikut ini peringkat perguruan tinggi terbaiknya.

Nature Index merupakan open-source database mengenai afiliasi penulis yang memiliki tujuan melacak kontribusi mereka pada sebuah artikel penelitian.

Ranking Nature Index pada umumnya digunakan untuk mengetahui performa suatu institusi dan membandingkannya dengan lembaga sejenis berdasarkan tempat, bidang, dan sektor yang luas.

Unsur penilaian yang digunakan Nature Index adalah keluaran publikasi ilmiah suatu institusi, negara/wilayah yang dinilai dari dua indikator yakni perhitungan dan nilai share.

Baca juga: UI, UGM, dan ITB Masuk, Ini 25 Universitas Terbaik di ASEAN Webometrics 2024

Indikator perhitungan, dihitung satu untuk suatu lembaga atau lokasi jika satu atau lebih penulis artikel penelitian berasal dari lembaga atau lokasi tersebut, tanpa memperhatikan berapa banyak rekan penulis yang berasal dari luar lembaga atau lokasi tersebut.

Indikator nilai share yang menjadi metrik khas Nature Index adalah hitungan pecahan yang memperhitungkan proporsi penulis dari suatu lembaga atau negara/wilayah dan jumlah lembaga afiliasi per artikel.

Baca juga: 20 Universitas Paling Top di Indonesia Versi Webometrics 2024, Kampus Ini Lagi-Lagi Juaranya

Untuk perhitungan nilai share, semua penulis dianggap memberikan kontribusi yang sama pada artikel. Gabungan maksimum share untuk artikel apa pun adalah 1,0.

Dikutip dari laman resmi Nature Index, berikut ini 3 institut di Indonesia yang masuk daftar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More