Mengenal Jurusan Sains Biomedis, Lulusannya Cepat Diterima Kerja di Bidang Kesehatan

Senin, 04 Maret 2024 - 13:32 WIB
Jurusan Sains Biomedis merupakan salah satu prodi alternatif di bidang kesehatan. Foto/Freepik.
JAKARTA - Jurusan kuliah Sains Biomedis merupakan salah satu prodi alternatif di bidang kesehatan. Termasuk jurusan langka , peluang kerja lulusannya pun menarik.

Salah satu kampus yang memiliki prodi S1 Sains Biomedis ialah di IPB University berada di bawah naungan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKH) IPB University dan baru resmi dibuka untuk tahun ajaran 2023/2024.

Selain IPB University, jurusan Sains Biomedis ada di empat perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Yarsi.

Prospek Kerja



Dengan tantangan kesehatan global dan kebutuhan akan produk obat-obatan, prodi ini hadir menciptakan peluang untuk mencukupi kebutuhan Indonesia terhadap sumber daya manusia (SDM) di bidang biomedis.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Biokimia IPB, Prodi Langka dan Satu-satunya di Indonesia

Lebih lagi, hanya empat perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi ini. Keunggulan lain ini menjadikan prospek kerja lulusannya bagus dengan waktu tunggu yang minim.

Lulusannya dapat menjadi pelaku industri bahan biologis, biofarmaka, farmasi, instrumental kesehatan, laboratorium forensik, laboratorium klinik/diagnostik, institusi pendidikan, lembaga penelitian, klinik fertilitas hingga bayi tabung.

Keunggulan Jurusan Sains Biomedis



Prodi Sains Biomedis merupakan jurusan yang erat hubungannya dengan tiga bidang keilmuan, yaitu kedokteran, kedokteran hewan dan lingkungan. Dalam hal ini, keunggulan Sains Biomedis yang diusung IPB University adalah pengembangan biomedis melalui pendekatan one health yang disusul dengan kekuatan riset.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More