Mengenal Awan Penggerak, Platform Pembelajaran Guru yang Diluncurkan Kemendikbudristek

Kamis, 28 Maret 2024 - 10:40 WIB
Mengenal Awan Penggerak, platform pembelajaran guru dari Kemendikbudristek. Foto/BKHM.
JAKARTA - Aplikasi Awan Penggerak resmi diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ). Platform tersebut diharapkan mampu meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di seluruh Indonesia.

Awan Penggerak mulai diujicobakan oleh berbagai sekolah di enam provinsi di Indonesia. Masing-masing di antaranya adalah Papua Barat, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, dan Aceh.

Baca juga: Awan Penggerak Diluncurkan, Dirjen GTK Jelaskan Keunggulannya untuk Belajar Guru

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim sempat menyampaikan fungsi dari Awan Penggerak.

Menurutnya, sistem tersebut akan membuat para tenaga pendidik bisa mengakses materi pembelajaran yang ada di dalam platform Merdeka Mengajar dan juga sumber-sumber lain secara luring.

Lebih jauh, apa itu sebenarnya platform Awan Penggerak? Simak ulasannya berikut ini untuk mengenalnya lebih dalam.

Apa itu Awan Penggerak?



Awan Penggerak merupakan sebuah terobosan dilakukan Kemendikbudristek guna mengatasi masalah akses layanan pendidikan yang belum merata di setiap satuan pendidikan Tanah Air. Melalui platform ini, mereka menghadirkan sebuah sistem yang bisa diakses secara offline atau tanpa jaringan internet namun tetap bersinergi dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Awan Penggerak, Bantu Guru 3T Mengakses Sumber Belajar

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More