Ajak Warga Bijak Bermedsos, Diskusi Literasi Digital Kemkominfo Dibanjiri Ribuan Orang

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:44 WIB
Diskusi yang dipuncaki dengan gelaran dangdut itu juga dihadiri sejumlah kelompok masyarakat (komunitas) di Kabupaten Pesawaran. Di antaranya, Komunitas Turonggo Cipto Manunggal Pesawaran, Komunitas Rampag Barong Pesawaran, Paguyuban Seni Jaranan Eko Doyo, NKBC komunitas sepeda gowes, Komunitas Ekraf Pesawaran, serta masyarakat Kabupaten Pesawaran dan sekitarnya.

Dari perspektif berbeda, Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny menambahkan, bijak dan cerdas dalam bermedia sosial akan terhindar dari kejahatan dunia maya. Literasi digital dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kejahatan siber (cybercrime).

”Bentuk cybercrime di antaranya, phising, ransomware, carding, cyberbullying dan lainnya. Manfaatkan media sosial untuk mencerdaskan, mengembangkan, meningkatkan, dan membuka wawasan pengetahuan,” jelas Maya.

Sementara, menurut Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lampung Rifky Indrawan, bijak berinteraksi di media sosial bisa dimulai dengan cara memilih teman atau follower yang benar-benar kenal dan diketahui rekam jejaknya di dunia nyata.

”Pilih platform media sosial sesuai konten, tidak sembarang meneruskan konten sebelum mengetahui kebenaran sumber informasi, dan jangan share peristiwa yang kita tidak tahu,” tutup Rifky Indrawan.
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More