Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Pengertian dan Manfaat 6 Elemen

Minggu, 21 Juli 2024 - 15:18 WIB
Profil Pelajar Pancasila beserta pengertian dan manfaat enam elemen-nya akan dijelaskan dalam artikel ini. Foto/Dok/SINDOnews.
JAKARTA - Profil Pelajar Pancasila beserta pengertian dan manfaat enam elemen-nya akan dijelaskan dalam artikel ini. Para pelajar Indonesia perlu mengetahui informasi ini supaya visi dan misi Kemendikbudristek dapat tercapai.

Baca juga: Menjaga Persatuan dengan Selalu Menghayati Pancasila

Profil Pelajar Pancasila ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.



Baca juga: Masihkah Pancasila Dijadikan Acuan Kebijakan Publik

Pada dasarnya Pelajar Pancasila adalah wujud para pelajar Indonesia yang dapat mewakili kompetensi global dengan cara bersikap dan berlaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Baca juga: Impor Rektor Dinilai Bertentangan dengan Pancasila

Pelajar Pancasila memiliki enam ciri atau elemen utama, yakni bertakwa pada Tuhan, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan kritis. Berikut ini penjelasan keenam ciri tersebut.

6 Elemen Profil Pelajar Pancasila

1. Beriman dan Bertakwa Pada Tuhan Yang Maha Esa



Pelajar Pancasila diwajibkan memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ini menjadi dasar menumbuhkan sikap mulia baik dalam hubungannya dengan Tuhan maupun dengan individu lain.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More