Gajinya Bikin Tajir, Ini 5 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan Migas

Minggu, 28 Juli 2024 - 13:13 WIB

4. Teknik Pertambangan



Jurusan Teknik Pertambangan sudah banyak dibuka di sejumlah perguruan tinggi. Untuk kampus negeri ada beberapa universitas yang bisa dipilih seperti Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, ataupun Universitas Hasanuddin.

Menjadi mahasiswa Teknik Pertambangan akan memberi kalian kesempatan belajar tentang proses pengambilan sumber daya mineral dari bumi dan pemanfaatannya secara efisien dan aman.

Setelah lulus kuliah, kamu bakal punya bekal pengetahuan tentang eksplorasi, perencanaan tambang, pengelolaan tambang, pengolahan mineral, reklamasi lahan, manajemen lingkungan, prinsip-prinsip keuangan, maupun manajemen.

5. Teknik Geofisika



Teknik geofisika sendiri merupakan sebuah metode dalam pengukuran dan analisis sifat-sifat fisik bumi, seperti kepadatan ataupun magnetisasi, dan sifat elektrik bumi. Metode tersebut juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi sumber daya alam, seperti mineral, batu bara, dan gas alam.

Sama seperti alumni Teknik Perminyakan, alumni Teknik Geofisika memang punya peluang kerja yang bagus di industri pertambangan dan perminyakan.

Teknik Geofisika ini di antaranya dibuka di Universitas Syiah Kuala, Universitas Lampung, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, atau kampus-kampus yang lain.

Demikian lima jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan migas . Namun, penting juga untuk mempertimbangkan tantangan bekerja di industri ini, seperti kondisi kerja yang mungkin berat, risiko lingkungan, dan fluktuasi pasar yang dapat mempengaruhi stabilitas pekerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More