HUT RI Sebentar Lagi, Ini Perbedaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Asli dan yang Diperbarui

Kamis, 01 Agustus 2024 - 13:56 WIB
Ada dua versi naskah Proklamasi. Versi pertama yaitu naskah teks proklamasi tulisan tangan Soekarno. Dan versi kedua yaitu naskah autentik atau teks proklamasi yang sudah diperbarui hasil ketikan Sayuti Melik. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini perbedaan teks Proklamasi Kemerdekaan yang asli dan yang sudah diperbaharui. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia disusun pada 17 Agustus 1945 dini hari. Tepatnya yakni pada pukul 02.00-04.00. Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79 akan jatuh di bulan Agustus 2024 tahun ini.

Tahukan kamu, ternyata terdapat dua versi bentuk teks proklamasi yang pernah dibuat. Versi pertama yaitu naskah teks proklamasi ditulis dengan tulisan tangan oleh Soekarno. Versi kedua yaitu naskah autentik atau teks proklamasi yang sudah diperbarui dan diketik oleh Sayuti Melik. Apa saja perbedaannya? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Bunyi Teks Proklamasi yang Sudah Diperbaharui Ketikan Sayuti Melik





Dikutip dari Mengenal Indonesia: Aku Cinta Indonesia, Tak Kenal Maka Tak Sayang oleh Boli Sabon Max, berikut bunyi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang telah diperbarui hasil ketikan Sayuti Melik dalam ejaan van Ophuijsen:

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More