7 Contoh Sikap yang Mencerminkan Keterkaitan Sila ke-1 dan ke-2 Pancasila

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 09:27 WIB
Terdapat sejumlah contoh sikap keterkaitan sila ke-1 dan ke-2 ini perlu dipahami oleh setiap masyarakat, sebab Pancasila sebagai dasar negara adalah pedoman hidup. Foto/BKHM.
JAKARTA - Terdapat sejumlah contoh sikap keterkaitan sila ke-1 dan ke-2 ini perlu dipahami oleh setiap masyarakat, sebab Pancasila sebagai dasar negara adalah pedoman hidup yang perlu diterapkan.

Baca juga: Contoh Pengamalan Pancasila Sila Kedua dalam Kehidupan Sehari-hari, Cocok untuk Tugas Sekolah

Sila pertama menekankan pentingnya keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sila ini mengajarkan bahwa setiap warga negara harus menghormati dan mengakui adanya Tuhan sesuai dengan keyakinan masing-masing.



Baca juga: Mengenal Profil Pelajar Pancasila, Pengertian dan Manfaat 6 Elemen

Sila kedua menekankan pentingnya menghargai kemanusiaan dan bertindak adil serta beradab terhadap sesama manusia. Prinsip kemanusiaan ini mencakup penghormatan terhadap hak asasi manusia, keadilan sosial, dan perlakuan yang manusiawi terhadap semua orang.

Baca juga: Kepala BPIP Apresiasi Pemprov Sulsel Pakai BTU Pancasila di Sekolah

Kedua sila ini saling melengkapi, di mana nilai-nilai keagamaan menjadi landasan moral untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dengan menghormati Tuhan, seseorang juga didorong untuk menghormati sesama manusia, karena setiap manusia diyakini sebagai ciptaan Tuhan yang berharga.

Contoh Sikap Keterkaitan Sila 1 dan 2

1. Mengakui Nilai Keagamaan Lain



Mengakui nilai keagamaan lain berarti menghargai keyakinan orang lain yang memeluk agama berbeda. Sebab sila pertama mengajarkan tentang menghargai agama lain dan sila kedua mengajarkan sikap adil.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More