UNJ Wujudkan Kampus Ramah Disabilitas

Rabu, 21 Agustus 2024 - 20:05 WIB
Selama kegiatan Pra PKKMB berlangsung, Siroj merasa senang dan bangga. Pada hari pertama Pra PKKMB, Siroj mengenal banyak teman bahkan yang datang dari luar pulau Jawa. Dalam mengikuti kegiatan, Siroj merasa terbantu dengan fasilitator Relawan Disabilitas karena dirinya belum menguasai tongkat dan braille. Tak hanya itu, para fasilitator juga membantu Siroj yang kesulitan dalam mempersiapkan materi ketika mendapatkan tugas.

Terhadap UNJ, Siroj memiliki kesan yang positif, ia bersyukur sudah banyak pihak yang memberikan perhatian dan kasih sayang serta membantunya selama mengikuti kegiatan kampus. Siroj juga sangat berterima kasih kepada UNJ yang telah membuka jalur masuk perguruan tinggi untuk para disabilitas. Semoga akses untuk disabilitas semakin ditingkatkan di lingkungan kampus UNJ agar lebih ramah disabilitas.

Relawan Disabilitas UNJ memiliki peran penting di UNJ dalam menyediakan pendampingan bagi mahasiswa disabilitas. Wardah, Ketua Relawan Disabilitas UNJ bercerita untuk mahasiswa baru khususnya teman netra belum begitu mengenal lingkungan kampus. Oleh karena itu, relawan disabilitas akan mengadakan orientasi khusus untuk mobilitas lingkungan kampus agar lebih mengenal ada apa saja di lingkungan kampus.

Kemudian untuk teman-teman tuli nantinya yang tidak bisa berbahasa isyarat, akan disediakan pelatihan untuk teman disabilitas dan juga relawannya. dalam perkuliahan, relawan disabilitas juga akan memberikan pendampingan. Untuk jenis disabilitasnya dari tahun ke tahun lebih banyak teman tuli dan teman netra.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More