7 Jurusan S-1 Langka di Indonesia, Incaran Perusahaan Multinasional hingga BUMN?

Sabtu, 07 September 2024 - 08:30 WIB
Lulusan jurusan Sastra Belanda dapat meniti karir sebagai translator atau penerjemah bahasa Belanda, baik untuk kepentingan negara maupun swasta, penulis, novelis, content writer, hingga staff di Kementerian Luar Negeri.

Sarjana Sastra Belanda dapat juga berpeluang besar menjadi entrepreneur, atau menekuni bidang pendidikan seperti menjadi staf pengajar atau akademisi.

Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Sastra Belanda UI kisaran Rp4-8 juta per bulan atau setara Rp48-96 juta per tahun.

3. Teknik Nuklir



Universitas Gadjah Mada memiliki jurusan terlangka dan unik adalah S-1 Teknik Nuklir.Jurusan S-1 Teknik Nuklir di bawah naungan Fakultas Teknik UGM.

Lulusan jurusan ini berpeluang besar untuk meniti karier sebagai staf engineering di lembaga pemerintah, seperti Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPPETEN), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, serta industri, baik untuk perusahaan BUMN maupun swasta. Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Teknik Nuklir UGM kisaran Rp5-9juta per bulan atau setara Rp60-108 juta per tahun.

4. Astronomi



Institut Teknologi Bandung memiliki jurusan paling langka dan unik yaitu S-1 Astronomi. Jurusan ini di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB

Lulusan jurusan S-1 Astronomi memiliki peluang pekerjaan terbaik sebagai staf peneliti di lembaga antariksa dunia, penulis atau editor media sains, akademisi, peneliti, Analyst, bekerja di lembaga pemerintahan, seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, LIPI, dan sebagainya Gaji yang bisa didapatkan lulusan S-1 Astronomi ITB kisaran Rp4-9 juta per bulan atau setara Rp48-108 juta per tahun.

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More