10 Contoh Teks Persuasi Singkat dalam Bahasa Indonesia Berbagai Tema

Minggu, 08 September 2024 - 11:05 WIB
Marilah bersatu untuk mengambil tindakan yang serius dalam keberlanjutan bumi ini. Saat kita bersatu, niscaya masalah ini dapat terselesaikan.

9. Teks Persuasi tentang Kesehatan



Tahukah kamu bahwa tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral setiap harinya? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk tubuh kita sebelum menjalani aktivitas agar tetap sehat.

Beragam makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral, seperti buah-buahan, susu, dan daging. Hal ini membuktikan bahwa pola hidup yang bukanlah sulit, melainkan menjumpai makanan seperti itu yang membuat kita sulit. Sebab, makanan saat ini sudah banyak terkontaminasi zat-zat kimia yang membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi vitamin dan mineral setiap harinya. Selain makanan sehat, berolahraga juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh kita.

10. Teks Persuasi tentang Pentingnya Belajar Bahasa Daerah



Indonesia memiliki beragam budaya, daerah, bahasa dan suku, mulai dari Aceh sampai Papua. Meski begitu, menurut data UNESCO pada 2019 mengungkapkan bahwa sekitar 2.500 bahasa di dunia terancam punah, salah satunya di Indonesia.

UNESCO menyatakan sebanyak 100 bahasa di Indonesia terancam punah dalam 30 tahun terakhir. Bagaimana sudah jelas bukan, kalau bahasa daerah di Indonesia sudah terancam punah. Karena itu, generasi muda saat ini marilah melestarikan budaya Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah di kehidupan sehari-hari hingga nantinya selama bertahun-tahun kedepan budaya Indonesia tetap terjaga.

Itulah ulasan mengenai 10 contoh teks persuasi singkat dalam bahasa Indonesia berbagai tema. Semoga ulasan ini menjadi pengetahuanmu ya!

MG/Bramcov Stivens Situmeang
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More