7 Perbedaaan Unhan dan Akmil, Lulusannya Akan Jadi Apa?

Minggu, 29 September 2024 - 14:32 WIB
Perbedaan Universitas Pertahanan (Unhan) dan Akademik Militer (Akmil) sebagai pilihan melanjutkan pendidikan tinggi. Foto/Unhan.
JAKARTA - Perbedaan Universitas Pertahanan (Unhan) dan Akademik Militer (Akmil) menarik untuk diketahui. Keduanya bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Universitas Pertahanan (Unhan) dan Akademi Militer (Akmil) merupakan dua institusi pendidikan tinggi yang sama-sama berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan RI.

Baca juga: Unhan Perkuat Jiwa Bela Negara Generasi Muda



Meski memiliki tujuan yang sama, yaitu membentuk perwira TNI yang berkompeten, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam pendekatan pendidikan dan fokus pembinaan. Berikut adalah perbedaan dan keunggulan masing-masing institusi.

Perbedaan Unhan dan Akmil

1. Sejarah Berdiri



Universitas Pertahanan (Unhan) resmi didirikan berdasarkan surat keputusan Mendiknas nomor 29/MPN/OT/2009 pada 6 Maret 2009. Peresmian universitas ini dilakukan langsung oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara pada 11 Maret 2009.

Sementara sejarah Akmil dirintis sejak tahun 1945 atas perintah Kepala Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat, Letnan Jenderal TNI Oerip Soemohardjo.

Baca juga: Beasiswa D3 Unhan 2024 Masih Dibuka, Lulus Jadi Anggota TNI

Berdasarkan Perpang Nomor :Perpang/ 28/ V/ 2008 tanggal 12 Mei 2008 Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka dan Integratif Akademi TNI pola 12 bulan langsung dibawah Mako Akademi TNI. Kemudian AKMIL menyelenggarakan pendidikan khusus Taruna Angkatan Darat tingkat II, III dan IV.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More