7 Perbedaaan Unhan dan Akmil, Lulusannya Akan Jadi Apa?

Minggu, 29 September 2024 - 14:32 WIB

2. Fokus Utama Studi



Unhan memfokuskan pendidikan pada studi pertahanan dari berbagai sudut pandang, termasuk militer, ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Universitas ini terbuka bagi perwira TNI maupun masyarakat sipil yang ingin memperdalam ilmu pertahanan.

Program S1 dan S2 di Unhan Unhan memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk merasakan program Kampus Merdeka, di mana mereka bisa mengeksplorasi berbagai bidang studi terkait pertahanan negara. Program ini juga dirancang untuk mengembangkan karakter dan kepribadian nasional.

Baca juga: Apakah Lulusan SMA Nusantara Langsung Bisa Masuk Akmil atau Akpol? Begini Penjelasannya

Sementara Akmil sebagai badan pelaksana pusat di tingkat Mabes TNI AD yang berkedudukan langsung di bawah Kasad, Akmil mempunyai tugas pokok membentuk taruna akmil menjadi perwira TNI AD.

3. Jenjang Pendidikan



Unhan menawarkan program pendidikan mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3. Fakultas di jenjang S1 meliputi Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer, Fakultas MIPA Militer, dan Fakultas Teknik Militer. Sementara itu, jenjang S2 memiliki fakultas seperti Fakultas Strategi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Keamanan Nasional, dan Teknologi Pertahanan. Pada jenjang S3, terdapat Fakultas Ilmu Pertahanan.

Sementara Akmil dengan program studi Manajemen Pertahanan lulusannya akan menjadi lulusan Diploma 4 Pertahanan. Program Studi di Akmil memiliki lima program studi yang berbeda: Teknik Sipil Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, Manajemen Pertahanan, dan Administrasi Pertahanan. Program studi ini mempersiapkan perwira TNI AD untuk berbagai bidang teknis dan manajerial.

4. Pembinaan



Pembinaan Unhan oleh Kementerian Pertahanan dan Kemendikbudristek berada di bawah pembinaan Kementerian Pertahanan dan Kemendikbudristek, dengan fokus pada pendidikan pertahanan yang lebih akademis dan teoritis. Lulusannya pun diakui sebagai perwira TNI yang kompeten di bidang pertahanan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More