7 Perbedaaan Unhan dan Akmil, Lulusannya Akan Jadi Apa?

Minggu, 29 September 2024 - 14:32 WIB
Perbedaan Pembinaan Unhan dan Akmil Mahasiswa Unhan tidak dibina secara militer, tetapi tetap mendapatkan pelatihan bela negara di awal masa studi. Di sisi lain, mahasiswa Akademi Militer (Akmil) menjalani pembinaan yang lebih praktis dengan metode pendidikan militer yang intens.

5. Fokus Praktis Akmil



Akademi Militer lebih menekankan pada pengajaran yang praktis, dengan banyak aktivitas lapangan. Selain itu, kegiatan belajar di Akmil juga dilakukan di laboratorium dan kelas, menggabungkan teori dengan latihan fisik intensif.

6. Pangkat Lulusan Akmil



Lulusan Akmil langsung menjadi perwira TNI AD dengan pangkat Letnan Dua sesuai dengan korps atau kecabangan masing-masing. Kurikulum yang digunakan Akmil juga masuk dalam kategori pendidikan vokasi, yang berfokus pada penguasaan keterampilan tertentu.

7. Gelar Lulusan Unhan vs Akmil



Lulusan S1 dari Unhan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Pertahanan, sedangkan lulusan Akmil meraih kualifikasi akademis diploma IV dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan. Perbedaan gelar ini mencerminkan fokus masing-masing lembaga: Unhan pada pendekatan akademis, sedangkan Akmil pada pendekatan vokasional militer.

Demikian 7 perbedaan Unhan dan Akmil . Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More