8 PTN yang Buka Jalur Khusus Tahfiz, Coba Cek Kampus Pilihanmu Ada Ga

Kamis, 03 Oktober 2024 - 12:03 WIB
8 PTN yang buka jalur khusus tahfiz ini bisa menjadi rekomendasi kuliah tahun depan. Foto/UIN Sunan Gunung Djati.
JAKARTA - 8 PTN yang buka jalur khusus tahfiz ini bisa menjadi rekomendasi penerimaan mahasiswa baru tahun depan. Perhatikan syarat dan ketentuannya karena berbeda untuk masing-masing kampus.

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia mulai membuka jalur penerimaan mahasiswa baru khusus bagi para tahfiz Al-Qur'an. Langkah ini diambil sebagai upaya mendukung para penghafal Al-Qur'an yang juga ingin melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Baca juga: Pengamat Pendidikan Usul Seleksi Jalur Mandiri PTN Dihapus, Mengapa?



Dengan adanya jalur khusus tahfiz ini, diharapkan semakin banyak generasi muda Indonesia yang mampu menjaga dan mengembangkan nilai-nilai keagamaan, sambil tetap berprestasi di bidang pendidikan tinggi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 8 perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur khusus tahfiz mulai dari IPB University hingga Universitas Airlangga (Unair).

8 PTN yang Buka Jalur Khusus Tahfiz

1. IPB University



Kampus yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini menerima calon mahasiswa yang berprestasi. Dikutip dari laman admisi IPB University, para hafizh, ataupun siswa berprestasi lainnya di bidang sains, olahraga, dan seni bisa masuk jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN).

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)



UNJ melalui jalur Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) Prestasi Jalur Keagamaan Tahfiz dibuka bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa pada tingkat nasional atau internasional dalam bidang kepemimpinan dan keagamaan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More