Mengenal Teks Tanggapan: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Minggu, 27 Oktober 2024 - 09:30 WIB
Artikel kali ini akan mengulas mengenai teks tanggapan. Mari mengenali pengertian, ciri-ciri, jenis, struktur, dan juga contoh teksnya. Foto/Freepik.
JAKARTA - Artikel kali ini akan mengulas mengenai teks tanggapan . Mari mengenali pengertian, ciri-ciri, jenis, struktur, dan juga contoh penulisannya.

Sebagai makhluk sosial, kita tak bisa lepas dari interaksi dengan orang lain. Salah satu bentuk interaksi yang umum adalah dengan memberikan tanggapan atau reaksi terhadap sesuatu.

Baca juga: 10 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami



Teks tanggapan merupakan salah satu jenis teks bahasa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, kita sering memberikan tanggapan terhadap suatu informasi, pendapat, ataupun karya kepada orang lain.

Pengertian Teks Tanggapan



Teks tanggapan adalah jenis teks yang meringkas, menganalisis, dan menanggapi teks lain, seperti teks sastra, artikel, berita, atau produksi seni pertunjukan. Teks tanggapan berisi penilaian berupa kritik dan pujian.

(Sujanto, 2004) mendefinisikan tanggapan sebagai deskripsi dari sebuah pengamatan yang muncul dari kesadaran seseorang setelah mereka melakukan pengamatan.

Baca juga: 10 Contoh Teks Fiksi Berbagai Tema Beserta Strukturnya, Cocok untuk Tugas Sekolah

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa teks tanggapan itu sendiri dapat digambarkan sebagai sebuah teks yang dapat diekspresikan melalui komentar, penilaian, kritik, dukungan, dan sanggahan terhadap berbagai gagasan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More